Demi FIBA Asia U18, Timnas Muda Lakukan Seleksi Pemain

24-07-2012 13:30
Demi FIBA Asia U18, Timnas Muda Lakukan Seleksi Pemain
Demi FIBA Asia U18, Timnas Muda lakukan seleksi pemain. NBL Indonesia

Bola.net - Dua puluh pemain basket dipanggil untuk mengisi pemusatan latihan Tim Nasional Muda Indonesia yang akan berlaga di 22nd FIBA Asia U18 Championship di Ulan Bator, Mongolia 17-26 Agustus mendatang.

"Untuk kali pertama dalam 17 tahun, Indonesia akan berlaga di FIBA Asia. Ini adalah momen membanggakan. Oleh karena itu, pemilihan tim harus lebih baik lagi, belajar dari kejuaraan SEABA sebelumnya," kata Azrul Ananda, CEO Timnas Muda di Surabaya, Senin (23/7).

Selain itu, ditambah lima pemain dari Development Basketball League (DBL) Indonesia All-Star 2012, yang baru dibentuk usai DBL Camp di Surabaya pada tanggal 5 Juli lalu. Plus beberapa lagi pemain, termasuk yang sebelum ini pernah ikut seleksi Timnas Muda.

Semua akan diseleksi langsung oleh Pelatih Timnas Muda Nathaniel Canson, untuk kemudian dipilih 12 orang yang bakal berangkat ke Mongolia. Sebagian besar dari anggota tim yang berlaga nanti berasal dari pemain 8th SEABA U18 Championship di Singapura, akhir Juni lalu.

Bersama PP Perbasi, PT DBL Indonesia memang sepakat untuk menerapkan sistem promosi dan degradasi. "Sistem seperti ini harus terus dilakukan. Melalui seleksi ini, kami ingin mendapatkan komposisi tim yang ideal untuk kejuaraan FIBA Asia," ucap Danny Kosasih, Manajer Timnas Muda.

Danny mengatakan bahwa lawan yang dihadapi oleh Timnas Muda di turnamen tersebut bakal jauh lebih berat daripada sebelumnya. Negara-negara seperti China, Jepang, Korea Selatan, dan Lebanon bakal menjadi pesaing terberat di turnamen itu. Menurutnya, peningkatan kualitas permainan mutlak diperlukan jika ingin mengimbangi negara-negara tersebut.

Ricky Kartika Istiadi, salah satu pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi, berjanji bakal berusaha maksimal agar masuk dalam roster Timnas Muda. Sebelumnya, dia pernah tercoret.

"Saya tak ingin kembali mengulang kegagalan tersebut. Bekal latihan selama mengikuti DBL Camp pada awal Juli lalu mampu meningkatkan penampilan saya. Progress tersebut akan saya tunjukkan dalam seleksi tersebut," ucapnya. (ant/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Basket

- - -