Tjetjep Firmansyah, Pelatih Timnas Basket di SEA Games 2013

17-03-2013 08:00
Tjetjep Firmansyah, Pelatih Timnas Basket di SEA Games 2013
Tjetjep Firmansyah © Fajar Rahman

Bola.net - Kurang maksimalnya penampilan Tim Nasional Bola Basket Indonesia baik putra maupun putri di SEA Games 2011 lalu memberikan pelajaran yang sangat berharga dan menjadi cambukan bagi perbasketan di tanah air.

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) pun mempersiapkan Timnas Bola Basket dengan lebih baik lagi menjelang Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara (SEA Games) bulan Desember mendatang di Myanmar.

Belajar dari pengalaman di SEA Games sebelumnya, PP Perbasi sudah melakukan persiapan dengan membentuk Timnas Putra dan Putri, dengan terlebih dahulu menyeleksi para pelatih dan manajer di SEA Games 2013 mendatang.

Setelah melalui berbagai rangkaian proses seleksi dan pertimbangan, Badan Tim Nasional (BTN) memilih pelatih senior, Tjetjep Firmasyah untuk menjadi pelatih kepala yang akan menukangi Timnas Bola Basket Putra SEA Games Myanmar 2013 nanti.

“Bukan pekerjaan yang mudah menjadi pelatih kepala kali ini. Dengan persiapan yang tidak terlalu panjang dikarenakan kompetisi NBL baru selesai akhir Mei mendatang, pemusatan baru benar-benar akan efektif awal Juni. Tetapi hal tersebut tidak serta merta menjadi kendala besar, justru menjadi tantangan yang akan kami jawab untuk bisa mencapai target medali perak di SEA Games Myanmar 2013 nanti. Oleh karena itu 16 pemain akan kami panggil untuk Pelatnas," ucap Tjetjep.

Tjetjep bersama BTN PP Perbasi sepakat akan menggunakan tenaga dan bakat dua pelatih muda, Octaviarro 'Ocky' Tamtelahitu (Satria Muda BritAma Jakarta) dan Ricky Gunawan (Tim PON Jawa Barat) sebagai asisten pelatih untuk membantu tugas Tjetjep. Sementara manajer tim akan dijabat oleh Irawan Haryono (Kim Hong).

“Dengan adanya Ocky dan Ricky, tugas saya akan lebih mudah. Kita semua sudah mengetahui kualitas dan prestasi keduanya. Kami yakin Timnas Bola Basket Putra Indonesia bisa meraih prestasi terbaiknya di SEA Games 2013 nanti,“ Tjetjep menambahkan.

Sementara untuk Timnas Putri SEA Games Myanmar 2013, duet Raoul 'Ebos' Miguel Hadinoto dan Wan Amran lah yang terpilih menjadi kepala pelatih dan asisten pelatih. Sementara manajer tim akan dijabat oleh Hasan Gozali.

Pada SEA Games 2011 lalu, Timnas Bola Basket Putra meraih medali perunggu, sementara Timnas Putri gagal menyumbangkan medali. (dbl/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Basket

- - -