Review: Korea Selatan Singkirkan Britania Raya di Adu Penalti

05-08-2012 04:45

 | Daniel Sturridge



Review: Korea Selatan Singkirkan Britania Raya di Adu Penalti
Eksekusi Ki Sung-Yeung jadi tiket ke semifinal Olimpiade. AFP

Bola.net - Korea Selatan memastikan diri ke babak semifinal Olimpiade 2012, setelah menyingkirkan tuan rumah Britania Raya lewat babak adu penalti dengan skor 5-4 di Millenium Stadium, Cardiff, Wales, Sabtu (4/8) waktu setempat.

Daniel Sturridge menjadi aktor penentu hasil pertandingan, setelah eksekusi penalti terakhirnya mampu dibaca oleh kiper Korea Selatan, Sung-Ryong Jung.

Pada laga tersebut tim Britania Raya tidak memasang salah satu pemain seniornya, yakni winger Manchester United, Ryan Giggs. Posisinya digantikan oleh Scott Sinclair.

Korea Selatan mengawali inisiatif serangan di babak pertama memanfaatkan awal yang kurang mengesankan dari tim Britania Raya.

Tim Negeri Ginseng bahkan sudah mendapatkan hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti Britania pada menit ke-2. Sayang peluang tersebut masih gagal menembus lini belakang Britania.

Ketatnya pertandingan mengakibatkan beberapa benturan tak terelakkan. Seorang pemain Korea Selatan, Chang-Soo Kim bahkan sudah harus digantikan oleh Jae-Seok Oh pada saat laga baru berjalan tujuh menit, setelah mengalami cedera pada tangan kanannya.

Serangan beruntun yang dilakukan Korea Selatan menciptakan peluang melalui tendangan jarak jauh kaki kiri Ji Dong-Won yang masih bisa diselamatkan dengan baik oleh kiper Jack Butland.

Britania Raya membalas dengan sebuah serangan balik melalui umpan jauh dari lini belakang dan dipantulkan oleh Daniel Sturridge, yang diakhiri oleh tendangan keras Ryan Bertrand. Namun sepakannya masih jauh melambung di atas gawang Korea Selatan.

Usaha Korea Selatan akhirnya membuahkan hasil, setelah tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan Ji-Dong Won pada menit ke-29 gagal dibendung barisan pertahanan Britania Raya. Skor 0-1 bagi Korea Selatan.

Namun keunggulan tersebut tidak berlangsung lama, ketika handsball yang dilakukan Jae-Seok Oh di kotak penalti Korea Selatan di menit-34 membuahkan penalti bagi tim lawan.

Aaron Ramsey yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil melaksanakan tugas dengan baik dan menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-36.

Britania hampir membalikkan keadaan saat Daniel Sturridge dijatuhkan di kotak penalti Korea Selatan dua menit kemudian. Sayang, eksekusi penalti kedua Aaron Ramsey kali in berhasil dimentahkan kiper Sung-Ryong Jung.

Skor sama kuat bertahan hingga jeda pertandingan.

Di awal babak kedua Korea Selatan kembali memulai serangan terlebih dahulu, tapi kali ini Jack Butland lebih sigap dengan memotong bola sebelum mampu diraih Ji-Dong Won.

Pada menit ke-76 Korea Selatan memiliki peluang untuk memimpin pertandingan. Namun sayang gol dari Park Chu-Young dianulir oleh wasit Wilmar Roldan karena sudah dalam posisi offside.

Jual beli serangan terus dilakukan kedua kubu, dengan statistik yang hampir berimbang. Namun tidak adanya gol tambahan yang tercipta di babak kedua memaksa kedua tim harus melanjutkan laga ke babak perpanjangan.

Babak tambahan dimulai, namun kali ini tim Britania Raya yang memulai ancaman melalui Tom Cleverley. Selanjutnya kedua tim kembali saling serang, tapi tidak adanya gol hingga berakhirnya babak perpanjangan waktu membuat pertandingan harus diselesaikan ke babak adu penalti.

Pada babak keberuntungan tersebut masing-masing eksekutor yang disiapkan kedua tim tampil cukup meyakinkan. Drama akhirnya usai kala penalti ke-5 Britania oleh Daniel Sturridge mampu diblok oleh Sung-Ryong Jung.

Selanjutnya, Ki Sung-Yeung sebagai penendang terakhir tim Korea Selatan sukses menjebol gawang Jack Butland dan mengantarkan negaranya merengkuh satu tempat terakhir di fase semifinal.

Di babak empat besar nanti, Korea Selatan sudah ditunggu Brasil yang di pertandingan sebelumnya berhasil mengalahkan Honduras dengan skor 3-2. (bola/atg)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bola Dunia Lainnya

- - -