HOME » PROFIL

Big Reds Liverpool (Putra)



Bandung, 28 Desember 1999 tercatat sebagai tonggak awal berdirinya Bold Indonesia Group of REDS’ Supporters (BIGREDS). Uniknya, BIGREDS dibentuk justru saat prestasi Liverpool FC (LFC) tidak menggembirakan di liga Premier. Namun hal ini menyiratkan bahwa dasar utama dari pembentukan BIGREDS adalah kecintaan yang sejati terhadap LFC.

Tahun 2004 adalah tahun yang penting dalam sejarah pembentukan BIGREDS mendapat pengakuan secara resmi oleh LFC sebagai bagian dari klub pendukung resmi LFC dunia dan menjadi bagian dari keluarga besar Liverpool Football Club. Mulai sejak itu, BIGREDS dapat menyertakan status ‘official’ pada identitasnya. Menjelang bergulirnya musim kompetisi 2009-2010, BIGREDS mendapatkan fasilitas match ticket base langsung dari Liverpool FC. Sebuah prestasi untuk komunitas supporter sepakbola tanah air mendapatkan pengakuan yang demikian luarbiasa.

Jumlah anggota resmi BIGREDS lebih dari 5000 orang (data resmi Oktober 2012 utk periode membership 2011-2014) yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan beberapa diantaranya juga tinggal di luar negeri. Beberapa public figure juga menjadi anggota keluarga kehormatan BIGREDS, seperti Marty Natalegawa (Menteri Luar Negeri RI 2009-2014) dan kalangan penyanyi dan wartawan olahraga terkemuka tanah air. Kehadiran beberapa anggota kehormatan ini merupakan hal yang terasa menggembirakan; memiliki keluarga yang merupakan figur penting di tengah masyarakat dan sama-sama memiliki kecintaan yang sama terhadap Liverpool FC.

BIGREDS juga menyediakan fasilitas komunikasi antar anggota melalui dunia maya; lewat mailing list (milis) dan forum. Milis bahkan telah diretas sejak 1999, bersamaan dengan proses berdirinya komunitas ini. Pada tahun 2004, BIGREDS mulai membangun sebuah web-forum (http://forum.big-reds.org), sebagai respon atas tuntutan berkembangnya organisasi dan aktivitasnya, juga di Facebook (BIGREDS), Twitter (@BIGREDS_IOLSC), YouTube (BigredsIolsc), Instagram (bigreds_iolsc) dan flickr.

Kegiatan BIGREDS tidak terbatas hanya di Jakarta saja, tetapi juga di 25 regional resmi lainnya: Banda Aceh, Medan, Bandung, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Makassar, Malang, Bekasi, Banjarmasin, Pekanbaru, Lombok, Palembang, Lampung, Pontianak, Bali, Tangerang, Cirebon, Manado, Balikpapan, Cianjur, Depok dan Padang.

Secara garis besar, aktivitas BIGREDS memang tidak jauh dari dunia sepakbola dan LFC. Futsal, Sepak Bola dan Nonton Bareng (nonbar) pertandingan LFC adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan di hampir semua kota di mana BIGREDS terdapat. Tahun 2005 untuk pertamakalinya BIGREDS mengikuti Official Liverpool FC Supporters Club Gathering-South East Asia Region di Malaysia. Tahun 2006 tercatat untuk pertamakalinya BIGREDS Anfield Tour digelar, yang sekarang menjadi agenda tahunan .

Sebagai suatu komunitas yang merupakan bagian dari masyarakat, BIGREDS juga mencoba untuk berinteraksi sosial dengan menyelenggarakan beberapa agenda kegiatan sosial, seperti donor darah, bakti sosial ke panti asuhan, dan mengadakan Sahur on the Road saat memasuki bulan Ramadhan. Musim 2009-2010 BIGREDS menggelar social awareness dengan meluncurkan program One Goal One Thousand (OGOT), dimana setiap member ‘diketuk’ hatinya untuk menyumbang Rp 1000,00 untuk setiap gol yang dicetak oleh pemain LFC di semua partai. Hasil yang didapat nantinya akan disumbangkan untuk membantu pendidikan anak di Indonesia.

Kiprah BIGREDS sebagai sebuah komunitas ternyata tidak luput dari pengamatan Prasetya Mulya Business School (PMBS) & Majalah SWA melalui kegiatan Indonesia Consumunity Survey 2007 & memberikan penghargaan The Inspiring Consumunity 2007. Pengakuan tersebut ternyata berlanjut di ajang Indonesia Consumunity Survey 2008 (PMBS, Majalah SWA dan Kompas Gramedia) dan BIGREDS meraih penghargaan Construct The Social Awareness of Society 2008.

Prestasi BIGREDS yang terbaru adalah The Best Fans Club in Indonesia 2011 (Goal.Co.Id), The Best Community for January 2012 (Radio A Jakarta) & The Best Booth, The Most Acknowledgeable Fans Club and The Best Chants (Anugerah Olah Raga Indonesia 2011 – Tabloid BOLA)

BIGREDS terus berupaya untuk menjadi supporters club yang berbasiskan rasa kekeluargaan dan sosial di tanah air yang dapat saling berbagi dengan anggotanya serta memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan menawarkan suatu wadah penyaluran minat dan hobi yang positif serta bermanfaat. Salah satunya dengan menggelar 2nd National Gathering di Semarang, 23-25 Maret 2012.

Keberadaan BIGREDS di Indonesia pun diakui oleh penuh Liverpool FC Headquarter dengan menjadi partner strategis di Liverpool FC International Football Academy and Soccer Schools.

Website : www.big-reds.org
Pendaftaran : membership.big-reds.org


BERI DUKUNGAN ANDA: