'Nomor Ganda Jadi Andalan Indonesia di Piala Sudirman'

30-04-2013 20:20
'Nomor Ganda Jadi Andalan Indonesia di Piala Sudirman'
Haryanto Arbi berpendapat nomor ganda jadi andalan Indonesia di Piala Sudirman.

Bola.net - Mantan pebulu tangkis nasional, Haryanto Arbi berpendapat nomor ganda akan menjadi andalan Indonesia pada perebutan Piala Sudirman di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-26 Mei 2013.

Menurut juara All England dua kali (1993-1994) itu, akhir-akhir ini prestasi nomor ganda Indonesia lebih baik dibanding tunggal.

"Kita memiliki kekuatan di nomor ganda terutama campuran dengan tampilnya pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sebagai juara pada berbagai event internasional. Ganda putra juga lumayan," katanya.

Namun, Arbi menambahkan, tidak menutup kemungkinan nomor tunggal bisa meraih angka pada kejuaraan bulu tangkis beregu campuran dunia tersebut. "Kita masih berharap nomor tunggal bisa mencuri angka," katanya.

Ketika ditanya apakah sudah saatnya pemain muda ditampilkan pada Piala Sudirman di Malaysia mendatang, Arbi mengaku setuju, namun menurutnya tetap harus dikombinasikan dengan pemain senior.

"Harus ada kombinasi pemain muda dan senior di Piala Sudirman mendatang karena kita tidak bisa melepas pemain muda begitu saja tetapi juga harus melibatkan pemain yang sudah berpengalaman," lanjutnya.

Meski begitu, pemain yang dibesarkan klub PB Djarum Kudus tersebut merasa yakin pelatih sudah tahu siapa-siapa yang akan diterjunkan di Piala Sudirman mendatang.

Kepala Sub Bidang Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata menambahkan, peluang Indonesia baru benar-benar bisa dilihat jika sudah masuk delapan besar. Nantinya, runner up yang lolos grup masih akan diundi lagi.

"Kita harus masuk delapan besar dulu. Misal, China juara grup, maka jika kita runner up masih bisa berpeluang bertemu China lagi karena nanti yang runner up akan diundi ulang," tuturnya.

Tim inti Piala Sudirman, lanjut Christian, akan diumumkan pada 6 Mei mendatang dengan kekuatan 20 pemain. Pada Piala Sudirman mendatang, Indonesia satu grup dengan India dan juara bertahan China. (ant/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bulu Tangkis

- - -