'Persiapan Tim Sudirman Indonesia Dekati 100 Persen'

08-05-2013 17:30


'Persiapan Tim Sudirman Indonesia Dekati 100 Persen'
Persiapan Tim Sudirman Indonesia dikabarkan sudah dekati 100 persen.

Bola.net - Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky, mengatakan persiapan Indonesia sudah hampir 100 persen jelang Kejuaraan Piala Sudirman tanggal 19-26 Mei, di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia.

"Persiapan sudah di atas 90 persen, nyaris 100 persen. Harapannya dalam beberapa hari ini sebelum berangkat sudah 100 persen," kata Rexy saat acara pengukuhan Tim Sudirman Indonesia di Pelatnas PBSI, di Jakarta, Rabu (8/5).

Menjelang kejuaraan beregu campuran dua tahunan itu, PBSI telah menerapkan program persiapan untuk 28 atlet yang masuk dalam tim bayangan seperti latihan khusus, team building serta suntikan motivasi yang diberikan khusus oleh Ketua Umum PBSI Gita Wirjawan dan mantan atlet.

Kemudian jumlah pemain mengerucut menjadi 19 pemain yang diumumkan pada Senin (6/5) lalu, yang menurut Rexy dipilih dari pemain yang paling siap. Mereka akan berhadapan dengan tim India dan China pada babak penyisihan grup.

"Kita lihat di sektor mana yang kuat, itu yang harus diantisipasi. Masing-masing pelatih dan manajer melihat kekuatan lawan dengan adanya SWOT (kekuatan, kelemahan, kesempatan, ancaman)," jelas Rexy yang juga menjabat sebagai Manajer Tim Indonesia.

Kejuaraan Piala Sudirman merupakan salah satu dari target utama PBSI. Namun dari hasil drawing, Indonesia berada dalam grup neraka bersama India dan juara bertahan China. Menurut Rexy, peluang Indonesia menjadi juara memang cukup berat karena China memiliki pemain yang kuat dalam segala sektor.

"Secara realistis ya melihatnya di nomor dua, semua negara juga begitu karena China kuat dalam segala sektor. Indonesia kalau sudah sampai final itu lebih baik lagi, tetapi kalau target maunya juara," ujar Rexy.

Sejak juara pada perhelatan pertama Piala Sudirman tahun 1989, Indonesia tidak pernah lagi berhasil merebut gelar kejuaraan dunia beregu campuran itu. Melihat peluang yang ada, Ketua Umum PBSI Gita Wirjawan pun hanya menargetkan Indonesia mencapai babak semifinal.

"Piala Sudirman ini milestone PBSI yang kedua. Tetapi bisa masuk semifinal saja sudah bagus, itu target kita. Namun kita melihatnya ke depan, trend sudah kelihatan yang muda diberikan kesempatan, ini proses dua hingga tiga tahun ke arah yang benar," kata Gita.

Tim Sudirman Indonesia dikukuhkan bersamaan dengan perayaan ulang tahun PBSI yang ke-62. Pada acara tersebut dilakukan potong tumpeng, pemberian santunan kepada anak yatim piatu secara simbolik, serta simulasi pertandingan. (ant/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bulu Tangkis

- - -