Tren Permainan Menanjak, Tontowi/Liliyana Tekan Xu/Ma

16-06-2012 23:05


Tren Permainan Menanjak, Tontowi/Liliyana Tekan Xu/Ma
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir © Bola.net

Bola.net - Indonesia kembali berhasil meloloskan satu wakil lainnya ke babak final Djarum Indonesia Open Super Series (DIOSSP) 2012.

Setelah sebelumnya Simon Santoso lolos ke final, kini giliran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memastikan tiketnya untuk bisa berlaga di final, Minggu (16/6).

Menghadapi Xu Chen/Ma Jin, Tontowi/Liliyana sukses mendominasi jalannya game pertama, Sabtu (16/6). Mereka berhasil menekan pasangan nomor dua dunia tersebut, untuk memetik kemenangan di game pertama dengan 21-16. Tetapi di game kedua, mereka balik tertekan. Kendati didukung oleh ribuan orang yang memadati Istora, mereka gagal memenangkan game kedua dan menyerah 15-21.

Game ketiga berlangsung lebih menegangkan, perolehan angka mereka kerap tertinggal di paruh awal game ketiga. Tertinggal 9-11 di interval, andalan Indonesia untuk Olimpiade London tersebut, berhasil menyamakan kedudukan di angka 15, dan balik memimpin 16-15.

Semangat mereka semakin membara kala Istora makin bergemuruh. Setelah keadaan imbang di angka 16, Tontowi/Liliyana meraih lima angka berikutnya dan membuat Istora bersorak dengan skor 21-16.

“Di game pertama, kami berhasil membuat mereka mengikuti permainan.Hasilnya, kami bisa berhasil menang mudah. Keadaan berbalik di game kedua, kami yang terbawa permainan mereka. Kami berterima kasih kepada penonton yang hadir dan menyemangati. Ini menjadi salah satu faktor kami bisa berhasil menang di game ketiga,” ujar Liliyana kepada Bola.net.

Tontowi pun menyebutkan bahwa dukungan penonton justru menambah motivasinya untuk bertanding dan bermain sebaik mungkin.

“Saat tertinggal itu, saya malah termotivasi. Saya tidak ingin mengecewakan banyak orang,” katanya.

Tontowi/Liliyana memang tengah berada di performa terbaiknya. Dalam tiga kejuaraan terakhir, mereka berhasil menjadi juara. Yakni, All England, Swiss Grand Prix Gold dan India Super Series 2012.

“Dengan berhasil menjadi juara di tiga turnamen tersebut, memang menambah rasa percaya diri kami. Mungkin, itu pula yang membuat lawan sedikit gentar. Kami harus mampu menjaga trend permainan yang sedang menanjak. Jangan sampai permainan dan performa kami menurun,” sambung Liliyana.

Di babak final, Tontowi/Liliyana akan menantang Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam yang menang 21-14 dan 21-15 atas Ko Sung Hyun/Eom Hye Won dari Korea.

“Di India kami berhasil mengalahkan mereka, tapi tetap kami harus waspada,” tutup Liliyana.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memang memiliki catatan baik jika melawan ganda Thailand itu. Mereka berhasil memenangkan ketiga pertemuan terakhir. Tontowi/Liliyana menang 21-16, 12-21 dan 21-14 di final India Super Series. (esa/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bulu Tangkis

- - -