Review: Juventus Imbangi Chelsea di Stamford Bridge

20-09-2012 04:20

 | Oscar



Review: Juventus Imbangi Chelsea di Stamford Bridge
Gol penyeimbang Quagliarella. © AFP

Bola.net - Juventus berhasil bangkit dari ketertinggalan dan sukses mengemas satu poin berkat hasil imbang 2-2 kala menghadapi juara bertahan Chelsea di Stamford Bridge.

Tuan ruham Chelsea berhasil memimpin dua gol berkat aksi Oscar di menit 31 dan 33. Akan tetapi, Gol Arturo Vidal di menit 37 serta lesakan Fabio Quagliarella pada menit 80 membuat kedua tim harus rela berbagi satu angka.

Tampil di kandang sendiri tentu saja membuat Chelsea tampil percaya diri. Pada lima menit pertama, The Blues sukses menguasai permainan dan memaksa para pemain Juventus untuk bertahan.

Sejumlah peluang pun berhasil mereka ciptakan melalui aksi Fernando Torres dan David Luiz. Akan tetapi, eksekusi keduanya masih terlalu lemah dan berhasil diamankan oleh kiper Gianluigi Buffon.

10 Menit berselang, Juve berusaha untuk keluar dari tekanan. Perlahan namun pasti, kubu Bianconeri mampu menciptakan sejumlah peluang, meski tidak terlalu berbahaya bagi gawang Petr Cech.

Menit ke-20 Juve memiliki peluang untuk unggul. Claudio Marchisio berhasil lolos dari jebakan offside dan langsung berhadapan satu lawan satu dengan Cech. Namun sayang, kontrol bola yang buruk membuat eksekusi yang ia lakukan kurang sempurna dan masih membentur sang kiper.


Menjelang menit ke-30 Juve kembali mendapatkan peluang matang. Vidal sukses mencuri bola yang kemudian mengirimkan bola kepada Mirko Vucinic. Akan tetapi, tembakan pemain Montenegro ini masih sedikit melebar.

Gol yang dinanti publik Stamford Bridge pun lahir pada menit 31. Eden Hazard berhasil menarik para pemain Juve yang kemudian memberikan ruang tembak untuk Oscar. Tanpa pikir panjang pemain asal Brasil ini langsung melakukan tembakan keras yang langsung mengarah ke gawang tim tamu. Buffon sebenarnya telah siap untuk menghadang bola tersebut. Akan tetapi, bola berbelok akibat terlebih dulu menyentuh kaki Leonardo Bonucci. Chelsea unggul 1-0.

Oscar benar-benar menjadi momok bagi La Vecchia Signora pada pertandingan tersebut. Hanya berselang dua menit, ia kembali sukses memperdayai Buffon. Kali ii sepakan melengkungnya langsung menghujam ke pojok kanan dan mengubah papan skor menjadi 2-0.

Tim Putih-Hitam berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-37. Vidal yang memiliki memiliki ruang, langsung melepaskan tembakan mendatar yang sulit dijangkau Cech. 2-1 tuan rumah tetap unggul.

Menjelang berakhirnya pertandingan Juve berkesempatan untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas. Sayangnya, eksekusi yang dilakukan Andrea Pirlo masih sedikit melebar dari sasaran.

Babak kedua pun tidak jauh berbeda. Chelsea langsung menggebrak di menit-menit awal dan menguasai pertandingan. Belum genap sepuluh menit pertandingan berlangsung The Blues telah menciptakan dua peluang matang.

Pertama dari sepakan jarak jauh Branislav Ivanovic dan satu lagi melalui tendangan bebas Frank Lampard. Meski begitu, kesigapan Buffon, membuat mereka hanya memperoleh tambahan poin pada shot on target.

Juventus mencoba mengancam lewat tendangan bebas Sebastian Giovinco. Sayangnya bola masih melambung di atas mistar gawang.

Sejumlah pergantian pun terjadi guna meningkatkan intensitas serangan. Selain itu, Roberto Di Matteo juga harus mengganti Oscar yang nampak meringis kesakitan. Manajer Tim London ini memutuskan untuk memasukkan Juan Mata guna menggantikan Oscar.

Melihat pergantian tersebut, Juve pun merespon. Massimo Carrera memutuskan untuk menarik Giovinco yang digantikan oleh Quagliarella.

Ternyata keputusan Carrera terbukti jitu. Menit ke-80 striker 29 tahun tersebut sukses membuat kedudukan imbang. Kombinasi umpan cerdik Marchisio dan pergerakan brilian Quagliarella membuat dirinya berhadapan satu lawan satu dengan Cech. Sang striker sukses membuat bola meluncur mulus ke gawang dengan melewati sela-sela kaki penjaga gawang Chelsea tersebut.

Menjelang penghujung babak, Quagliarella kembali mengancam gawang tuan rumah. Ia hampir saja mencetak gol yang hampir mirip dengan apa yang dilakukan Oscar. Akan tetapi, eksekusinya masih membentur mistar gawang. Akhirnya pertandingan pun berakhir dengan kedudukan sama kuat.


Chelsea (4-3-3): Cech, Ivanovic, Cole, Luiz, Terry, Ramires (Bertrand), Lampard, Oscar (Mata), Mikel, Hazard, Torres.

Juventus (3-5-2): Buffon, Chiellini, Barzagli, Bonucci, Lichtsteiner (Isla), Marchisio, Pirlo, Asamoah, Vidal, Vucinic (Matri), Giovinco (Quagliarella). (espn/bgn)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Champions

- - -