Persiraja IPL

01-02-2012 11:16

Bola.net - SEJARAH

Persiraja merupakan kepanjangan dari Persatuan Sepakbola Indonesia Kutaraja. Klub ini didirikan pada tanggal 28 Juli 1957. Prestasi terbaik yang dicapai Persiraja, yakni tampil sebagai juara Perserikatan pada tahun 1980. Di babak final yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Persiraja sukses mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 3-1. Kala itu, 2 gol Persiraja berhasil disarangkan oleh Bustamam dan 1 gol lainnya dicetak oleh Rustam Syafari.

Persiraja terkenal dengan permainan taktis dan kerasnya, terutama saat bermain di kandangnya yang terkenal angker bagi tim-tim lawan yang bermain di Banda Aceh. Persiraja berhasil menjadi juara 2 Divisi Utama  musim 2010-2011 setelah kalah tipis dengan skor 1-0 di partai final melawan Persiba Bantul. Dengan lolosnya Persiraja sebagai runner-up, maka untuk musim 2011-2012 Persiraja bermain di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia.

Terbentuknya kepengurusan PSSI baru mewajibkan tim-tim sepakbola agar tidak menggunakan dana APBD  di era industri sepakbola modern. Untuk itu, pada bulan Agustus tahun 2011 Persiraja melakukan kerja sama merger bersama Aceh United yang merupakan tim peserta Liga Primer Indonesia (LPI) asal Aceh dan berada di bawah naungan PT Aceh Sportinda Mandiri untuk mengarungi kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim 2011-2012.

DATA KLUB

Nama Klub: Persiraja

Julukan Tim: Laskar Rencong

Nama Stadion: Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh

Kapasitas : 40.000

Suporter:  SKULL (Suporter Kutaraja Untuk Lantak Laju)

Jersey :

1 Orange Hitam-Orange-Orange

2 Pink-Hitam-Putih

3 Biru-Putih-Biru

MANAJEMEN KLUB

Nama Perusahaan: PT Atjeh Sportinda Mandiri

Web site:  www.persiraja.net

CEO: Akmal Marhali

Manajer Tim:  Reza Pahlevi

Media Officer: Bob Helmy

Alamat Sekretariat: Pintu Utama Stadion H Dimurthala, Jl Raya Lampineung, Banda Aceh

Alamat Mes Pemain: Hotel Jeumpa, Jl Raya Lampineung, Banda Aceh.

SKUAD

Pelatih : Herry Kiswanto

Pemain : Zolbahra, Andria, Rahmadhani, Yusrizal, Cristian Alejandro Fibre Santis, Erik Saputra, Abdul Musawir, Patrik Sopian Gighani, Diallo Abdullaye Djibril, Fahrizal Dillah, Mukhlis, Amirudin, Irwanto, M Nasir, Yudi Khairudin, Defri Rizki, Imral Usman, Guntur Triaji


(bola/pw)


PROFIL KLUB LAINNYA