5 Hal Menarik Dari Prancis Vs Ukraina

16-06-2012 18:26

 | Andriy Shevchenko

Bola.net - Oleh: Bayu Yulianto


Prancis berhasil menuntaskan tugasnya merebut tiga poin dari tuan rumah, Ukraina, demi memudahkan langkah mereka menuju babak perempat final.

Pada pertandingan yang sempat ditunda selama hampir satu jam karena hujan badai disertai petir di atas Donbass Arena itu, Prancis akhirnya berhasil menunjukkan gaya permainan terbaiknya.

Berikut adalah 5 hal yang bisa kita pelajari dari pertandingan tersebut:

1. Laurent Blanc Jitu Dalam Memakai Taktik

Perjudian Laurent Blanc dalam mengganti dua pemain intinya berimbas pada permainan tim. Prancis menjadi lebih baik dengan masuknya Gael Clichy (menggantikan Patrice Evra), dan Jeremy Menez yang mengisi posisi Florent Malouda.

Clichy adalah bek yang disiplin di belakang. Namun, kemarin ia bermain apik dengan beberapa kali meninggalkan posnya untuk membantu pergerakan Franck Ribery. Hasilnya, Ribery bisa lebih leluasa dalam mengolah bola.

Peran Jeremy Menez sangat dirasakan oleh Prancis. Ia lebih baik dari Florent Malouda, menghidupkan irama permainan tim dan yang paling penting mencetak gol pembuka yang mengangkat moral tim. Blanc patut memperhitungkan untuk memasang Jeremy Menez sebagai starter.

2. Para Pemain Kunci Bermain Seperti Yang Diharapkan

Beberapa pemain dari timnas Prancis adalah pemain bintang, seperti, Samir Nasri, Karim Benzema, dan Franck Ribery dan kemarin mereka bermain layaknya bintang lapangan.

Saat melawan Inggris mereka kurang bisa mengembangkan permainan karena strategi 'parkir bis' Roy Hodgson. Meski gawang Inggris dipenuhi oleh pemain Three Lions, Nasri berhasil mencari celah dan menciptakan gol dan ia berhasil meneruskan performa gemilangnya.

Franck Ribery menjadi penguasa lini kiri Prancis, terima kasih untuk Gael Clichy yang tak kenal lelah membantu Ribery. Pemain Bayern Munich itu bermain kompak dengan rekan-rekannya, menciptakan pergerakan yang mengalir dan kreatif.

Karim Benzema tidak mencetak gol malam tadi, tapi ia membantu terjadinya gol-gol untuk Prancis dan berhasil merepotkan pertahanan Ukraina.


3. Andriy Shevchenko Tajam Di Lini Depan Ukraina

Mungkin ada beberapa di antara kita yang meragukan kualitas Andriy Shevchenko. Gol-golnya ke gawang Swedia mungkin hanya kebetulan saja.

Striker Dynamo Kiev tersebut memang tidak mencetak gol ke gawang Prancis, tapi ia masih terlihat tajam.

Pada babak pertama, ia mendapat peluang mencetak gol. Andai kiper Prancis, Hugo Lloris tidak cekatan, mungkin cerita hari ini akan lain. Ketajamannya kembali ditunjukkan di babak kedua walaupun tendangannya tidak menemukan jala gawang.

Pergerakan tanpa bolanya masih bagus dan sangat membahayakan lawan bila ia mendapatkan bola saat terjadi counter-attack.

4. Bila Ukraina Lebih Efektif Saat Serangan Balik, Mereka Bisa Merepotkan Inggris

Ukraina memang kalah, tapi mereka memiliki bekal 3 poin hasil kemenangan saat melawan Swedia. Artinya, peluang mereka untuk lolos masih bisa dengan mengalahkan Inggris.

Pelatih Oleg Blokhin dipastikan akan berbuat apapun demi meloloskan timnya ke perempat final. Apalagi status mereka adalah tuan rumah.

Mereka berhasil menciptakan peluang dengan serangan balik saat melawan Prancis, kemarin. Dan bila para pemain bisa bermain dengan tenang dan berpikir jernih (seperti mengetahui di mana posisi Shevchenko saat mereka melakukan serangan balik) Ukraina akan memberikan tekanan yang berarti kepada Inggris.

5. Prancis Bisa Melaju Lebih Jauh

Bila para pemain bintang Prancis bisa mempertahankan performanya sampai dengan akhir turnamen ini, bisa jadi mereka akan mengangkat Piala Eropa.

Kemungkinan besar, mereka akan mengalahkan Swedia yang sudah pasti tersingkir dari Piala Eropa dan memuncaki klasemen Grup D.

Saat ini mereka berada pada puncak performanya. Kemenangan atas tuan rumah Ukraina pasti memberi tambahan moral pada pasukan Les Bleus ini.

Jika lolos, mereka akan berhadapan dengan Italia atau Kroasia dan meskipun sulit, kualitas Prancis kali ini lebih baik dari kedua tim tersebut. (bola/bola)

ANDRIY SHEVCHENKO: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA