5 Hal Yang Perlu Dilakukan Inggris Untuk Kalahkan Swedia

15-06-2012 13:43

 | Alex Chamberlain

Bola.net -


Berada dalam grup D di ajang Piala Eropa 2012 kali ini, Inggris harus berjuang keras untuk mengalahkan Swedia demi satu tiket di perempat final malam nanti.

Melawan timnas Swedia di pertandingan nanti, raihan tiga poin kemenangan bisa menjaga The Three Lions untuk tetap bisa melaju ke babak-babak selanjutnya.

Ini adalah pertandingan yang sulit bagi kedua tim, dimana keduanya sama-sama mengejar kemenangan untuk menghindari kemungkinan terdepak dari fase grup.

Di laga pembuka grup D, Inggris ditahan imbang oleh Prancis sedangkan Swedia kalah 2-1 dari tuan rumah Ukraina karena lengah setelah sebelumnya sempat memimpin.

Berikut ini 5 hal yang harus dilakukan Steven Gerrard dan kawan-kawan untuk merebut kemenangan melawan Swedia.

1. Berikan ruang gerak lini tengah untuk mengembangkan permainan
Formasi skuad Three Lions yang sekarang tidak terlalu mendominasi di ajang pertandingan internasional ini, tetapi perlu diperhatikan adalah kesempatan untuk bola selalu berada di kaki Inggris sehingga tekanan di lini pertahanan bisa berkurang dan bisa mengembangkan pola serangan dengan lebih baik.

Aset berharga Inggris di lini tengah yaitu Steven Gerrard dan Scott Parker harus bisa disiplin dalam memainkan perannya. Koordinasi di antara keduanya  dengan pola serangan yang didukung oleh semua pemain diharapkan mampu menjawab perlawanan dari Swedia.

2. Menyajikan kualitas permainan secara utuh
Tim Inggris memiliki segudang pemain yang sangat berkualitas, baik di negaranya maupun di kancah dunia. Sebut saja John Terry dengan pengalamannya mencetak gol, begitu pula Joleon Lescott, pemain Manchester City yang menunjukkan kualitas bermainnya.

Lalu Glen Johnson yang piawai dengan bola-bola atas, juga Andy Caroll atau Danny Wellbeck di bagian depan dengan target tembakan yang tepat.

Dan tak lupa Gerrard, jendral lapangan Inggris yang akan memastikan kualitas permainan secara utuh dengan serangan-serangan untuk mematahkan lini belakang serta penjaga gawang Swedia.

Kekompakan dan keutuhan masing-masing pemain dalam bertanding inilah yang diperlukan Inggris untuk bisa menghadapi serangan untuk kemudian bisa berbalik menyerang ke kubu lawan.

3. Menurunkan Alex Oxlade-Chamberlain di awal pertandingan
Pemain muda berbakat ini memiliki kemampuan dan kecepatan yang tak diduga dalam menggiring kulit bundar ke daerah pertahanan lawan.

Secara meyakinkan Oxlade-Chamberlain telah menunjukkan permainan yang bagus di hadapan pelatih Roy Hodgson dan publik pendukung Inggris saat melawan Perancis walaupun hasilnya belum optimal.

Dengan absennya Rooney, setidaknya Inggris masih punya kans terhadap Oxlade-Chamberlain yang sewaktu-waktu nanti bisa menjebloskan bola ke gawang lawan.

4. Tarik keluar Ashley Young kalau tak produktif
Bermain di laga pembuka grup D, Ashley Young tidak menampilkan performa permainan yang efektif. Banyak kesempatan mencetak gol yang terlewatkan.

Sebenarnya dia memiliki peran yang penting di tim Inggris sebagai pengumpan bola atau sebagai pencetak gol yang efisien.

Jika kembali gagal dalam melawan Swedia nanti, hak dan strategi Hodgson untuk mengganti posisinya dengan James Milner atau Oxlade-Chamberlain yang lebih efektif.

Inggris membutuhkan kemenangan dan pelatih tidak bisa berkompromi dengan pemain yang tidak memberi kontribusi secara penuh di laga malam nanti.

5. Fokus di depan gawang
Inggris akan banyak membuat peluang dalam laga hidup mati melawan Swedia nanti. Tapi hal yang paling utama adalah bagaimana menjaringkan bola ke gawang untuk sebuah kemenangan.

Sangat jelas sekaligus terdengar sederhana, konsentrasi dan fokus di depan gawang kemudian menjebloskan bola ke dalamnya.

Tetapi hal inilah yang paling sulit dilakukan pemain di dalam pertandingan besar untuk tetap bisa menjaga konsentrasi dalam menendang bola ke arah gawang dan menciptakan sebuah gol.
(ble/bola)

Tag euro 2012

ALEX CHAMBERLAIN: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA