5 Kesimpulan Dari Babak Perempat-final Euro 2012

25-06-2012 17:00

 | Cristiano Ronaldo

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi


Babak perempat-final telah usai dilangsungkan. Empat tim melaju ke babak semifinal. Spanyol akan mencoba melewati hadangan Portugal, sementara Jerman akan bertarung melawan Italia.

Turnamen ini telah menyuguhkan berbagai momen-momen menarik. Dan jika menilik empat tim tersisa yang akan bertanding memperebutkan tiket menuju final, rasanya momen-momen yang menarik tersebut masih akan terus berlanjut.

Setelah melewati babak perempat-final, kami mencoba untuk menyimpulkan beberapa hal yang menarik dari pertandingan-pertandingan tersebut.

1. Tim Dengan Penampilan Paling Impresif Sejauh Ini: Jerman
Jerman mampu tampil dominan terhadap lawan-lawannya dalam setiap pertandingan yang mereka lakoni. Belanda mampu mereka kalahkan dengan dingin dan efisien. Mereka juga tak sungkan-sungkan menggilas tim Yunani dengan empat gol. Begitu banyaknya pemain berkualitas dalam tim Jerman, sehingga ketika Jerman melakukan rotasi, tim ini tak kehilangan ritme permainannya.

Mesut Ozil adalah permain terbaik bagi Jerman. Dia selalu konstan bergerak mencari celah kelemahan musuh. Tampilannya dalam lima partai selalu stabil. Serangan-serangan Jerman yang berbahaya selalu berawal dari kaki pemain ini. Ozil mungkin belum mampu mencetak gol, namun, dia menunjukkan bahwa dia mampu mempangaruhi permainan tanpa harus mencetak gol.

Tim Jerman masih dapat berkembang lebih baik lagi. Bastian Schweinsteiger contohnya. Dia bermain buruk saat melawan Yunani. Jika dia mampu kembali dalam bentuk permainannya yang sebenarnya, tim Panser akan tampil semakin berbahaya.

2. Tim Dengan Kemajuan Hebat: Portugal
Portugal dan sang kapten Cristiano Ronaldo mempunyai catatan buruk ketika berlaga dalam turnamen-turnamen besar. Namun, kali ini mereka mampu mengejutkan berbagai pihak dengan lolosnya mereka dari grup Neraka. Mereka pun mampu mengeliminasi Republik Ceko di babak perempat-final. Tekad CR7 untuk merebut gelar sebagai Pemain Terbaik turnamen Euro 2012 ini semakin membuat Portugal berbahaya bagi tim manapun.

Selain Ronaldo, ada Nani dan juga Joao Moutinho yang mampu tampil apik. Nani mampu tampil mengacak-acak pertahanan tim lawan. Tendangan-tendangan bebasnya juga berbahaya. Moutinho setali tiga uang. Dia mampu tampil tenang di lini tengah tim Portugal.

Kehadiran ketiga pemain tersebut berpengaruh besar bagi Portugal. Jika mereka mampu tampil apik lagi seperti yang sudah mereka tunjukkan sebelumnya, maka Spanyol akan menghadapi lawan yang cukup alot untuk dikalahkan.

3. Tim Paling Berbahaya: Spanyol
Juara bertahan Euro dan Piala Dunia ini belum menunjukkan performa terbaik mereka, walaupun begitu, mereka telah mampu menginjak babak semifinal. Spanyol sempat kesulitan saat menghadapi Kroasia, namun, berkat pengalaman yang mereka miliki, partai tersebut dilalui dengan cukup aman.

Selama ini tim Spanyol dikritik karena penggunaan skema permainan yang tidak menggunakan seorang striker murni. Publik dan media khawatir bahwa hal ini akan mempengaruhi finishing lini depan Spanyol. Namun Vicente Del Bosque tetap bergeming menggunakan skema tersebut.

Saat melawan Prancis, di 20 menit pertama mereka mampu tampil menawan. Mereka benar-benar menunjukkan kualitasnya sebagai juara bertahan. Namun, setelah terciptanya gol pertama, Spanyol nampak puas dan hanya memainkan bola di lini tengah mereka saja. Ini tak bisa terulang lagi. Melawan tim yang lebih berat, Spanyol harus mulai menunjukkan performa yang sama seperti yang mereka tunjukkan saat menjadi jawara Piala Eropa dan Piala Dunia sebelumnya.

4. Tim Di Puncak Permainan: Italia
Italia melaju ke babak semifinal setelah menang adu penalti atas Inggris 4-2. Di babak normal dan extra time, keduanya bermain imbang 0-0. Namun sebenarnya Italia lebih layak lolos tanpa melalui babak adu penalti.

Barisan depan Italia yang dihuni Antonio Cassano dan Mario Balotelli mendapatkan banyak peluang emas. Barisan tengah Italia yang dikomandoi oleh Andrea Pirlo pun mampu mendominasi barisan lini tengah Inggris. Statistik menunjukkan bahwa Italia melepaskan 36 tembakan ke gawang sepanjang pertandingan. Inggris hanya mampu melakukannya 9 kali!

Akan tetapi, kelemahan Italia dalam hal finishing jauh lebih mengkhawatirkan daripada problem yang dialami Spanyol. Ini akan dapat berakibat fatal bagi skuad Cesare Prandelli tersebut, mengingat tim lawan yang akan dihadapi nanti adalah Jerman.

Italia memang mampu mendominasi permainan saat melawan Inggris yang tampil bertahan, namun sayang, tim ini tak mampu menunjukkan sentuhan akhir yang dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan. Tim ini nampaknya mengalami penurunan performa sejak tampil melawan Spanyol di awal turnamen.

5. Babak Semifinal Akan Berlangsung Seru!
Semua tim semifinalis di Euro 2012 ini telah menunjukkan permainan yang menyerang yang positif. Mereka adalah tim-tim terbaik yang ada di Euro kali ini, dan untuk menuju final, mereka harus bertempur satu sama lain. Ini jelas akan menjadi hiburan yang hebat, bagi semua pecinta bola dimanapun. (kpl/bola)

Tag euro 2012

CRISTIANO RONALDO: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA