5 Pemain Kunci di Semifinal Euro 2012

25-06-2012 14:30

 | Mesut Ozil

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi


Dengan tersingkirnya Inggris dalam partai perempat-final semalam, berarti lengkap sudah komposisi para penghuni babak semifinal Euro 2012 nanti.

Spanyol akan meladeni tantangan Portugal, dan Jerman akan melawan Italia. Empat tim terbaik di dunia, yang tentunya berisi pemain-pemain terbaik dunia, akan bertarung habis-habisan untuk memperoleh 2 tiket menuju partai puncak.

Di babak ini, tekanan yang datang akan semakin besar. Pertandingan yang dilangsungkan akan berjalan sangat menarik untuk disaksikan. Para pemain bintang akan tampil ngotot demi memastikan timnya lolos ke babak final. Siapa sajakah pemain-pemain bintang tersebut? Berikut daftarnya:

1.Mesut Ozil – Jerman
Dia adalah salah satu gelandang serang yang tampil ciamik selama pergelaran Euro ini berlangsung. Umpan-umpannya brilian dan visi bermainnya sangat luar biasa. Kontribusinya bagi Der Panzer dalam menyerang sangat besar. Sentuhan bolanya sangat berkelas.

Kemampuannya menciptakan peluang gol bagi rekan-rekannya juga sangat bagus. Dialah pemain terbaik Jerman sejauh Euro ini berjalan. Jika Italia ingin mengalahkan Jerman, maka mereka harus mampu untuk menghentikan pemain yang satu ini.

2.Andres Iniesta – Spanyol
Dialah pemain yang berperan besar dalam sukses 'tiki-taka' yang diperagakan Spanyol saat ini. Kerjasamanya bersama Xavi Hernandez tak diragukan lagi merupakan kombinasi terbaik di dunia saat ini. Mereka bisa dibilang sebagai kunci sukses Spanyol, dan Barca, dalam empat tahun terakhir.

Walaupun ukuran tubuhnya cukup kecil untuk ukuran pemain bola eropa, namun pengaruh yang mampu ditampilkannya di sisi sayap maupun di sisi tengah timnya sangat besar. Semua ini berkat sentuhan bola dan visi bermainnya yang sangat yahud!

Kehebatan Iniesta memang kurang terekspos oleh media, namun, yang jelas, rekannya-rekannya sangat menyadari betapa pentingnya kehadiran pemain yang satu ini di atas lapangan bersama mereka.

3.Xavi Hernandez – Spanyol
Sama seperti Andres Iniesta, pemain ini adalah pemain kunci bagi timnya. Baik bagi Barca maupun timnas Spanyol. Dialah sang jenius yang menjadi pemimpin serangan Spanyol selama Euro 2012 ini. Kerjasamanya bersama Iniesta sangat sangat disegani oleh lawan-lawannya. Baik Xavi maupun Iniesta memang bertubuh kecil, namun jangan ragukan skill dan visi bermain yang mereka miliki.

Penampilan Xavi memang sedikit menurun setelah dua kali tampil luar biasa di babak penyisihan grup, namun, bisa dipastikan bahwa dia akan mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya di partai semifinal nanti. Skill dan kesabarannya dalam mengontrol permainan sangat bagus sekali. Dia akan mendominasi lapangan tengah dalam partai melawan Portugal nanti.

4.Cristiano Ronaldo – Portugal
Setelah tampil mengecewakan di dua partai awal Portugal, Ronaldo tampil oke saat menghadapi Belanda. Dua gol langsung dicetaknya ke gawang Maarten Stekelenburg dan mengirim Belanda angkat koper dari Euro2012. Satu gol lagi dicetaknya kala menghadapi Republik Ceko dalam partai perempat-final.

Penampilannya saat melawan Ceko mendapat sorotan. Pemain yang akrab disapa CR7 ini tampil luar biasa. Bisa dikatakan bahwa Ronaldo-lah yang sendirian mengantarkan Portugal mengalahkan Tomas Rosicki cs. Sepakannya menghajar iang gawang dua kali, dan nyaris mencetak beberapa gol sepanjang pertandingan. Headingnya akhirnya membawa kemenangan bagi Portugal.

Saat melawan Spanyol nanti, Ronaldo akan berhadapan dengan beberapa rekan setimnya di Madrid, yaitu Iker Casillas, Xabi Alonso, Sergio Ramos dan Alvaro Arbeloa. Ini tentunya akan menjadi tontonan yang menarik. Jika Portugal ingin menyingkirkan Spanyol, maka CR7 harus berjuang ekstra keras.

5.Andrea Pirlo – Italia
Dia adalah pemain terbaik turnamen Euro 2012 sejauh ini. Kesuksesan Italia bergantung di pundaknya. Pirlo mampu menjadi maestro yang mengarahkan setiap serangan-serangan tim Italia. Sentuhan bola dan visi bermainnya luar biasa yahud.

Penampilannya bersama Italia sepanjang Euro kali ini selalu maksimal. Aksi-aksinya saat melawan Spanyol di babak penyisihan grup sangat menawan. Begitu juga ketika melawan Kroasia. Melawan Inggris semalam pun Pirlo masih mempertontonkan hal yang sama. Keahliannya mengontrol permainan dari lapangan tengah sangat mengagumkan untuk dilihat. Kemampuannya untuk mengeksekusi bola mati juga berkelas. Tanyakan saja pada Joe Hart yang berusaha menghadang penalti Pirlo semalam.

Jika Pirlo mampu melanjutkan permainan luar biasa seperti yang dia tunjukkan sepanjang turnamen ini berlangsung, maka Italia berpeluang besar untuk dapat menggilas tim Panser. (kpl/bola)

Tag euro 2012

MESUT OZIL: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA