6 Faktor Yang Membuat Inggris Juarai Euro 2012

20-06-2012 14:15

 | Wayne Rooney

Bola.net -


Gol semata wayang Wayne Rooney saat melawan Ukraina berhasil mengantarkan Inggris menjadi pemuncak klasmen akhir Grup D dan maju ke babak semifinal Euro 2012.

Namun, bukan kemenangan Inggris ataupun gol yang dicetak Rooney yang menjadi pusat perhatian malam itu. Namun memanasnya kembali perdebatan mengenai perlunya tidaknya penggunaan teknologi garis gawang. Ini terjadi setelah gol Marko Devic menit ke-62 yang tidak disahkan oleh wasit. Kontan saja para pemain, pelatih dan ofisial tim Ukraina memprotes keputusan tersebut. Dari tayangan ulang menunjukkan bahwa bola telah melintasi garis gawang sebelum dihalau oleh John Terry.

Kekalahan menyakitkan tersebut menyingkirkan Ukraina dari ajang Euro ini. Mengikuti jejak tuan rumah Polandia yang telah tersingkir lebih dahulu.

Dibalik kejadian kontroversial tersebut, terdapat fakta bahwa kemenangan Inggris semalam menempatkan mereka dalam posisi teratas grup D dengan torehan 7 poin. Di babak selanjutnya lawan berat telah menghadang, yaitu seteru klasik mereka, Italia.

Berikut 6 faktor penunjang peluang Inggris untuk menjadi juara Euro 2012 kali ini.

1. Naungan Dewi Fortuna
Bola hasil tendangan Marko Devic sebetulnya telah melewati garis gawang. Usaha menghalau bola yang dilakukan John Terry terlambat sepersekian detik saja. Gol itu seharusnya disahkan, dan Ukraina akan mampu menyamakan kedudukan 1-1.

Namun, di awal sebelum gol tersebut terjadi, satu pemain Ukraina sebenarnya terperangkap dalam posisi offside. Namun, seperti halnya yang terjadi pada gol hantu Marko Devic, wasit tak mengambil keputusan apa-apa. Tak ada bendera yang diangkat untuk menandakan pemain tersebut terjebak offside.

Kontroversi dalam pertandingan semalam menghasilkan sejumlah pertanyaan, dan ini menyangkut masa depan tim Inggris di ajang Euro 2012 ini. Apakah ini berarti keberuntungan telah berpihak kepada tim Inggris? Apakah hal yang terjadi ini adalah karma baik setelah apa yang terjadi pada Inggris pada Piala Dunia 2010 yang lalu? Atau, akankah keberuntungan yang mereka dapatkan semalam akan berhenti sampai disitu saja?

2. Menciptakan Hasil Memuaskan
Inggris mencetak golnya di awal babak kedua. Mereka mampu mempertahankan keunggulannya hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Ceritanya mungkin akan berakhir lain apabila gol Marko Devic disahkan. Sebenarnya, jika kedudukan berakhir seri pun, Inggris tetap akan melaju ke babak perempat final dengan tetap memuncaki klasemen grup D

Sebelum pertandingan melawan Ukraina dimulai, mereka hanya membutuhkan hasil seri saja. Namun, setelah pertandingan tersebut berakhir, Inggris memang sebenarnya lebih layak menerima hasil seri. Faktor keberuntungan dan sebuah gol yang lagi-lagi tercipta dari eksekusi bola mati membawa Inggris menuju kemenangan. Tapi apapun caranya, Gerrard dkk menunjukkan bahwa mereka mampu menciptakan hasil yang diinginkan ketika mereka benar-benar membutuhkannya.

Performa Inggris semalam sebenarnya cukup buruk. Ukraina berhasil mendikte permainan sepanjang babak pertama. Hasil seri sejatinya pantas bagi kedua tim. Namun, hasil akhir berupa kemenangan adalah yang terpenting dari semuanya, dan Inggris mampu mewujudkannya.

3. Penampilan Ciamik Joe Hart
Inilah kali pertamanya Inggris memiliki kiper yang mumpuni sejak era David Seaman. Para fans Three Lions kini dapat berharap lebih dari kiper yang satu ini.

Walaupun dia gagal membendung tembakan dari Marko Devic secara sempurna, tapi setidaknya dia mampu memperlambat laju bola dan memberikan waktu bagi John Terry untuk menghalaunya. Inilah momen yang memberi Hart kesempatan membuktikan dirinya sebagai kiper top. Dia membuktikan bahwa dirinya sekarang juga mempunya peran yang sama pentingnya dengan sang kapten, Steven Gerrard.

4. Welcome, Rooney
Rooney akhirnya kembali merumput setelah sanksi larangan dua kali pertandingan oleh UEFA. Walaupun Inggris mampu mencetak 4 gol selama dirinya absen, kehadiran Rooney tentunya akan sangat menggembirakan bagi para pemain, pelatih dan fans Inggris.

Golnya ke gawang Ukraina adalah gol yang pertama dari dirinya untuk timnas setelah absen mencetak gol lebih dari 673 menit permainan. Walaupun catatan statistik tersebut tampak buruk, Inggris tetap memerlukan kehadiran pemain satu ini.

Danny Welbeck dan Andy Carroll masing-masing mencetak gol saat melawan Swedia, tapi tak ada satupun diantara mereka yang memiliki pengaruh besar dalam suatu pertandingan seperti Rooney. Kehadirannya akan mampu membawa level penyerangan tim Inggris ke tingkat yang lebih tinggi.

Jika Inggris ingin berbicara banyak di turnamen ini, Rooney harus selalu tampil apik.

5. Theo Walcott Masih Menghuni Bangku Cadangan
Pemain ini bersinar saat membawa Inggris membalikkan keadaan melawan Swedia. Dia mencetak satu gol dan memberi satu assist bagi Welbeck untuk mencetak gol kemenangan Inggris. Penampilan ciamik tersebut memunculkan perdebatan mengenai pantas atau tidaknya pemain Arsenal ini bermain sebagai starter saat melawan Ukraina.

Yang terjadi adalah sang pemain masih tetap menghangatkan bangku cadangan, setidaknya hingga saat dia tampil sebagai pemain pengganti untuk menggantikan Wayne Rooney di babak kedua.

Kecepatan lari Walcott menjadikannya pemain yang berbahaya dalam situasi apapun, terutama ketika para pemain lawan terkuras staminanya di babak kedua. Jadi, sangat mungkin kedepannya Roy Hodgson akan terus menugaskan pemain ini sebagai super-sub.

6. Selanjutnya, Italia!
Sebagai tim yang memuncaki klasemen grup D, Inggris akan menghadapi runner-up Grup C di babak perempat final. Ya, Inggris akan menghadapi Italia di partai selanjutnya. Pemenang dari partai ini nantinya akan menghadapi pemenang dari partai Jerman versus Yunani.

Menghadapi Italia memang bukan berita yang baik. Mereka adalah lawan yang tangguh, tapi setidaknya lebih baik ketimbang bernasib seperti Prancis yang harus bertemu dengan sang juara bertahan Spanyol. (kpl/bola)

Tag euro 2012

WAYNE ROONEY: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA