6 Momen Penting Dalam Karir Wayne Rooney

19-06-2012 14:15

 | Wayne Rooney

Bola.net - Oleh: Deny Kustiawan

Selasa malam, Inggris akan berhadapan dengan Ukraina di partai pamungkas di grup D Euro 2012.

Salah satu berita utama yang ramai dibicarakan kini adalah kembalinya Wayne Rooney dari skorsing dua pertandingan sebelumnya. Pelatih Inggris Roy Hodgson menegaskan bahwa Rooney akan kembali dalam skuad utama Inggris dan akan ditandemkan dengan Danny Welbeck rekannya di Manchester United, yang telah membuat penampilan yang mengesankan sejauh ini.

Kemenangan adalah nilai mutlak untuk Inggris agar bisa melaju ke perempat final.

Berikut adalah 6 momen penting dalam karir Wayne Rooney sebagai tumpuan harapan tim Inggris.

1. Tahun 2003: Pemain Termuda Timnas Inggris
Kembali kepada 9 tahun yang lalu di bulan Februari 2003, dimana saat itu Rooney masih berumur 17 tahun. Bintang Everton ini mendapat kesempatan pertama kali membela Inggris saat melawan Australia. Rooney menjadi pemain termuda yang pernah memperkuat Inggris kala itu.

2. Tahun 2003: Pencetak Gol Termuda Inggris
Di tahun yang sama, tepatnya bulan September, Rooney berhasil menjadi pencetak gol termuda bagi Inggris. Gol tersebut lahir saat Inggris berhadapan dengan Makedonia untuk pertandingan kualifikasi EURO 2004. Gol tersebut menandai kesuksesan di tahun pertamanya bersama timnas Inggris.

3. Tahun 2004: Dampak Euro 2004
Rooney membuat sebuah gebrakan di ajang kompetisi internasional dengan mencetak 2 gol saat melawan Swiss. Ia menjadi pencetak gol termuda sekalipun rekor itu harus digeser beberapa hari kemudian oleh pemain Swiss, Johan Volanthen pada Kejuaraan Eropa 2004. Hingga akhir turnamen Rooney berhasil mencetak 4 gol, 2 gol di antaranya tercipta saat melawan Kroasia.

4. Tahun 2006: Kontroversi Portugal
Momen penting Rooney berikutnya adalah Piala Dunia 2006 di Jerman. Kali ini hasilnya tidak begitu baik. Inggris harus tersingkir oleh Portugal melalui drama adu penalti.

Sangat disayangkan, pertandingan tersebut akan diingat sebagai momen terburuk Rooney. Ia mendapat kartu merah karena menginjak kaki Ricardo Carvalho. Kontroversipun merebak saat Cristiano Ronaldo terlihat mengedipkan mata kepadanya di bangku cadangan setelah diusir oleh wasit Horacio Elizondo.

5. Tahun 2009: Kapten Pengganti
Bulan November 2009 untuk pertama kalinya dalam karir Rooney ditunjuk sebagai kapten bagi tim Inggris. Rooney menggantikan John Terry sebagai kapten yang absen karena cedera. Rooney berhasil memimpin kawan-kawannya menundukkan Brazil dengan skor 1-0. Sampai saat ini momen tersebut menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi Rooney sebagai kapten tim Inggris.

6. Tahun 2011: Kegilaan di Montenegro
Ini adalah jawaban mengapa Rooney baru bisa bermain untuk Inggris di putaran yang ketiga saat menghadapi Ukraina. Jika saja UEFA tidak mengurangi hukumannya, Rooney dipastikan tidak akan berlaga di Euro 2012.

Hal ini bermula pada November 2011. Rooney harus diusir dari lapangan karena mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran yang dinilai sangat bodoh terhadap Miodrag Dzudovic pemain Montenegro dalam babak kualifikasi Euro 2012.

Dalam pertandingan nanti malam, Rooney diharapkan mampu membayar lunas semua kesalahannya. Striker kebanggaan Inggris ini perlu membuktikan diri dan memberi dampak yang positif bagi timnya untuk meraih poin agar lolos ke babak perempat final Euro 2012. (kpl/bola)


WAYNE ROONEY: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA