Barisan Young Guns Yang Akan Beraksi Di Olimpiade London

05-07-2012 23:51

 | Lionel Messi

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi
 


Gelaran Euro 2012 telah berakhir, kini para pecinta bola bersiap mengalihkan perhatian ke ajang Olimpiade yang akan diselenggarakan di London, Inggris. Salah satu cabang yang turut meramaikan ajang olimpiade ini tentunya adalah sepakbola.


Menurut peraturan olimpiade, hanya pemain-pemain berusia di bawah 23 tahun yang dapat didaftarkan di ajang ini. Inilah ajang para pemain muda berbakat untuk unjuk gigi akan kemampuan mereka. Di olimpiade 2008 yang lalu, nama Lionel Messi menjadi pusat perhatian setelah mampu tampil gemilang dan membawa Argentina meraih medali emas.

Berikut barisan para pemain-pemain muda yang akan berlaga di Olimpiade London 201:

Jordi Alba, 23 tahun – FC Barcelona

Bek muda ini tampil sangat inpresif bersama Spanyol dalam gelaran Euro yang lalu. Di ajang Olimpiade ini, tidak tertutup kemungkinan Alba akan mampu melanjutkan penampilan impresif tersebut.

Ingatkah anda dengan golnya ke gawang Italia? Kecepatan larinya mampu menembus barikade pertahanan Andrea Barzagli dkk. Ketika berhadapan dengan kiper sekelas Gianluigi Buffon pun dia tetap tampil tenang. Dengan sedikit gerak tipu, dia mampu mengecoh Buffon dan menambah keunggulan Spanyol atas Italia 2-0.

Jika di ajang sekelas Euro yang dipenuhi oleh banyak pemain-pemain berpengalaman saja Alba mampu tampil impresif, mengapa dia tak akan mampu mengulangi hal yang sama di Olimpiade tersebut?

Sebastian Coates, 21 tahun – Liverpool

Pemain ini adalah sosok tangguh di lini belakang tim Uruguay dan Liverpool. Tubuh yang kokoh dan tinggi yang menjulang menjadikannya bek yang tangguh di duel-duel udara. Kubu lawan juga harus ekstra waspada jika Coates turut maju saat timnya mendapatkan tendangan penjuru.

Gol akrobatiknya bagi Liverpool saat melawan Queens Park Rangers musim lalu adalah contoh betapa berbahayanya pemain yang satu ini dalam situasi bola-bola mati.

Tom Cleverley, 22 tahun – Manchester United

Pemain ini mampu tampil impresif bersama MU musim lalu. Bahkah Sir Alex Ferguson pun tak sungkan untuk memberinya pujian dan memberinya tempat di tim utama MU. Namun sayang, deraan cedera membuatnya tak mampu tampil penuh dalam satu musim.

Saat pulih nanti, satu tempat di lini tengah Inggris dan MU telah menantinya. Umpan-umpannya akan membawa pengaruh besar bagi kedua tim tersebut.

Giovani Dos Santos, 23 tahun – Tottenham Hotspur

Pemain ini mungkin adalah pemain yang paling diingat oleh publik Amerika Serikat. Dialah pemain yang membuyarkan impian timnas AS untuk merengkuh gelar juara Piala Emas CONCACAF tahun 2011 yang lalu.

Kemampuannya dalam meneror pertahanan lawan dan pengalamannya selama dipinjamkan oleh Spurs ke berbagai klub akan sangat membantu Meksiko dalam olimpiade nanti.

Ander Herrera, 22 tahun – Athletic Bilbao

Walaupun masih berusia muda, Herrera mampu memberikan suntikan tenaga yang sangat berarti bagi Bilbao. Dia memiliki segala hal yang harus dimiliki oleh seorang playmaker handal. Skillnya tinggi dan visi bermainnya sangat bagus. Dia akan menjadi ruh lini tengah tim junior Spanyol.

Neymar, 20 tahun – Santos

Pemain ini memiliki skill bermain bola yang sangat luar biasa. Pantas saja jika banyak pihak yang melabelinya sebagai wonderkid. Bola bagaikan lengket di kakinya saat Neymar mulai menggiring bola. Tak ada lawan yang mampu mencegahnya menari-nari dengan bola di area kotak penalti. Insting mencetak golnya juga sangat luar biasa. Tak heran jika banyak klub-klub top eropa bernafsu untuk menggaetnya.

Nantikan aksi-aksinya bersama tim Samba di olimpiade nanti. Anda pasti akan tersihir dengan penampilannya di atas lapangan hijau.

Alexandre Pato, 22 tahun – AC Milan

Salah satu penyerang muda paling berbahaya di dunia sepakbola. Pato adalah mesin gol bagi klubnya. Larinya sangat kencang, bertenaga dan finishingnya jempolan. Duetnya dengan Neymar akan menjadikan lini depan Brazil sangat berbahaya.

Namun satu hal yang patut dicatat, Pato juga merupakan pemain yang mudah cedera. Jika segalanya berjalan lancar baginya, maka kita akan dapat menyaksikannya berlaga di London nanti.

Gaston Ramirez, 21 tahun – Bologna

Pemain yang berposisi sebagai winger ini menjalani musim yang cukup bagus di Serie A. Musim lalu dia mampu mempersembahkan 8 gol dalam 32 kali penampilannya bersama Bologna. Liverpool bahkan sempat dikabarkan berminat meminangnya.

Pemain ini memang tak banyak menarik perhatian media maupun pengamat sepakbola, namun, tetap saja dirinya akan menjadi salah satu pemain yang patut diperhitungkan dalam olimpiade nanti.

Aaron Ramsey, 21 tahun – Arsenal

Talentanya begitu menonjol sehingga pelatih timnas Wales pun berani mempercayakan posisi kapten kepadanya. Tampilannya bersama Arsenal musim lalu juga cukup apik. Dia mampu mencetak 3 gol dan 8 assist dalam 44 kali penampilannya.

Duetnya bersama Tom Cleverley di lini tengah akan menjadi tumpuan bagi tim Inggris Raya untuk berprestasi.

Daniel Sturridge, 22 tahun – Chelsea

Striker ini memang tak mendapat kesempatan untuk berlaga dengan para seniornya di ajang Euro yang lalu, namun, sekarang dia bisa jadi mendapatkan kesempatan lain untuk membela Inggris di ajang olimpiade. Meski saat ini masih dirawat karena terserang virus meningitis, Sturridge kabarnya akan fit saat Olimpiade nanti.

Pemain kidal ini memiliki postur tubuh yang kokoh. Shooting kaki kiri yang keras dan kecepatan lari yang mumpuni. Musim lalu dia berhasil mencetak total 11 gol bagi Chelsea. Saat olimpiade nanti, dirinya layak untuk dinominasikan sebagai kandidat pencetak gol terbanyak.

(kpl/bola)


ARTIKEL LAINNYA