Butuh Irlandia Versi Baru

16-06-2012 22:07

 | Robbie Keane

Bola.net -
Tidak ada yang lebih buruk lagi dari Timnas Republik Irlandia dalam mengarungi Euro 2012 tahun ini.Taktik dan teknik yang rendah membawa Irlandia harus pulang lebih awal.

Ditambah sikap dan mental yang kurang baik dari pemain-pemainnya memunculkan fakta bahwa turnamen Eropa selanjutnya harus mempunyai Irlandia baru untuk bersaing di dalamnya.

Kebobolan tujuh gol dalam dua pertandingan, sekali menang dan mudah di prediksi. Kualifikasi tim ini menuju turnamen tidak menunjukkan semangat dan kepercayaan diri, mengesampingkan teknik bermain juga keahlian individu dalam tim.

Dalam dua laga pembuka Grup C, sudah terlihat tingkat kemampuan tim ini. Irlandia tidak cukup tangguh dan kuat untuk bersaing dengan gagah seperti yang mereka tunjukkan dalam beberapa tahun terakhir bersama Giovanni Trapattoni.

Yang paling parah adalah mereka merusak pola permainan dasar sepakbola dengan melakukan kesalahan mendasar, kesalahan individu, salah umpan seperti yang dilakukan Andorra dan Makedonia.

Semua itu harus dibayar dengan harga diri tim juga negara yang mereka bawa, dengan sebuah pukulan keras yaitu angkat koper lebih awal.

Kroasia dan Spanyol seperti tidak percaya dengan keberuntungan mereka saat menghadapi Irlandia. Gol-gol yang tercipta pada awal pertandingan di kedua babak sama sekali tidak bisa dipercaya.

Sungguh sebuah hal yang memalukan untuk gol yang tercipta dari tendangan sudut, seperti sebuah lelucon dengan gagal mengamankan bola dari lawan, gagal dalam eksekusi, salah umpan yang sering terulang.

Gol yang tercipta dari tim Spanyol menunjukkan bahwa Irlandia tidak mempunyai karakter dalam permainannya.Rusia sudah dua kali membuat Irlandia babak belur dan sudah mengambil empat poin.

Yang paling menarik pada saat di Moskow dengan kesuksesan yang didapat. Sungguh hasil yang aneh, bukan kemenangan yang sesungguhnya melainkan sebuah aib bagi dunia persebakbolaan.

Keputusasaan jelas terlihat saat laga melawan Kroasia dan Spanyol, dimana 75% penguasaan bola oleh Spanyol dan 91% penyelesaian yang seharusnya berbuah gol dilewatkan begitu saja. Tidak ada tim yang seberuntung Spanyol dalam turnamen eropa yang mereka dapat di Gdansk.

Xavi sendiri, bersama rekannya mampu mendapatkan 127 kali percobaan dari 136 yang ada. Sekedar kita tahu, Chelsea vs Barcelona adalah gambaran hasil yang seharusnya Irlandia dapat lakukan dalam perlawanannya terhadap Spanyol.Mengutip pernyataan Raymond Domenech sebelum Piala Dunia 2010 berlangsung, bahwa Irlandia seperti liga  Inggris level B dan itu sebuah penghinaan yang menyakitkan bagi Irlandia.

Tapi itulah kenyataannya bahwa Irlandia seperti tim liga Inggris pada tingkat paling bawah.Apa yang diperlukan Irlandia sekarang adalah perubahan menyeluruh bagi Asosiasi Bola Irlandia untuk mengembalikan jati diri dan karakter dalam bermain di lapangan.
Euro 2012 adalah akhir dari pemain-pemain tua seperti Shay Given, Richard Dunne, John O'Shea, Damien Duff, Robbie Keane, Stephen Hunt dan Paul Green.

Waktunya bagi darah muda Irlandia untuk menunjukkan kualitas seperti, Aiden McGeady, Long, Darron Gibson, James McClean, James McCarthy, Greg Cunningham dan Rob Kiernan.Kekalahan Irlandia di EURO 2012 bukanlah akhir, namun dapat dijadikan sebuah pelajaran berharga untuk membentuk tim Irlandia baru dengan taktik baru, pola pikir baru, berkarakter dan memiliki jiwa nasionalisme. (ble/bola)


ROBBIE KEANE: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA