Catatan Buruk Ulah Joe "Shark" Jordan

18-02-2011 00:21

 | Gennaro Gattuso

Gennaro Gattuso usai menanduk Joe
Gennaro Gattuso usai menanduk Joe "Shark" Jordan

Bola.net - Oleh: Fajar Rahman

Komisi Disiplin UEFA kini memang sedang mempelajari rekaman pertandingan untuk menjatuhkan hukuman kepada Gennaro Gattuso atas ulahnya kepada Joe Jordan, asisten pelatih Tottenham Hotspurs. Namun, tanpa bermaksud membela Rino, ada baiknya UEFA juga membuka kembali beberapa catatan buruk tentang pria Skotlandia yang terkenal dengan julukan Joe "Shark" Jordan.

AC Milan harus rela kalah 0-1 di San Siro dalam first leg babak 16 besar Liga Champions Eropa. Lebih menyakitkan lagi, usaha mereka untuk membalas di White Hart Lane Maret nanti diyakini kian berat. Sebab, kini mereka harus menunggu hukuman dari UEFA kepada kapten mereka Senin (21/02) nanti.

Di pertengahan babak kedua laga itu, Gattuso dan Jordan sempat terlibat adu mulut, yang menurut Si Badak diucapkan dalam bahasa Skotlandia. Rino yang pernah bergabung dengan Glasgow Rangers di musim 1997-1998 dan mengerti bahasa Skotlandia langsung emosi. Ia hampiri Jordan di pinggir lapangan dan mencekik leher pria yang juga pernah memperkuat AC Milan di musim 1981-1983 itu.

Provokasi Jordan dan Gattuso yang terpancing(c)Reuters.

Belum puas, sesaat usai laga Rino menyempatkan diri mampir ke bench Spurs dan kali ini menanduk kepala Jordan. Gattuso mengaku ia memang terpancing, over control, dan sudah meminta maaf. Menurutnya ia tidak pantas berbuat seperti itu kepada pria berusia 59 tahun itu.

Tapi, melihat beberapa catatan buruk Jordan di lapangan selama karirnya, sepertinya UEFA juga harus menjatuhkan hukuman kepada pria yang mendapatkan embel-embel Shark di tengah namanya karena seringnya memprovokasi lawan. Ya, Hiu memang menjadi nama tengah Jordan. Predator, hewan laut yang ompong saat menyeringai, identik dengan pria ini. Mari kita simak beberapa catatan buruk Jordan semasa menjadi pemain ataupun staff pelatih ini.

1. Di awal 1970-an saat ia berbaju Leeds United, pemain Skotlandia ini untuk pertama kalinya mendapatkan julukan Shark setelah ia kehilangan empat gigi depannya. Sebuah aksi yang sepatutnya tidak perlu dilakukan, ia berusaha meraih bola yang mengarah ke bench rekan-rekannya sendiri. Bukan bola didapatkannya justru empat gigi depannya harus hilang. Konyol!

2. Di Manchester United, sebuah laga Piala FA 1980 yang berlangsung di Old Trafford harus berakhir buruk bagi kiper Tottenham, Milja Aleksic. Diawali aksi provokasi, Jordan yang tersinggung menerjang Aleksic dalam sebuah situasi tendangan sudut. Terjangannya di udara itu membuat sang kiper harus menderita pergeseran rahang. Kemudian ia mengungsi ke Italia dan bergabung dengan Milan dan julukan "The Shark" melekat di namanya karena naluri predatornya itu. Pantas!

3. Di masa pensiunnya, Jordan hampir tidak pernah berubah. Baru beberapa pekan bergabung dengan staff kepelatihan Spurs di musim gugur 2008, Jordan terlibat bentrok dengan Roy Hodgson dan Paul Ince.

4. Masih di Spurs 2008, saat Spurs menjamu Blackburn Rovers, muncul tuduhan padanya karena ia mencoba menyerang pemain lawan di dalam terowongan menuju ruang ganti White Hart Lane saat istirahat babak pertama.

5. Di awal musim ini ia sempat bersitegang dengan pelatih kiper Newcastle, Andy Woodman. "Any time you like, any fu**ing time you like," ia teriakkan kepada Andy usai ditarik keluarnya Younes Kaboul saat Spurs melawan The Magpies. Kedua asisten pelatih itu bahkan sempat beradu kepala di pinggir lapangan sebelum di pisah rekan-rekannya.

Apakah UEFA hanya akan menghukum Si Badak saja? Atau "The Shark" ini juga mendapatkannya? Kita tunggu saja Senin depan ini. Toh kalaupun Joe terlepas dari jeratan sanksi, semoga saja benar perkataan Harry Redknapp ini, "Saya pikir Joe bisa menjaga sikapnya sendiri." (kpl/bola)



Komentar Pembaca (2 komentar)
Fabio da silva, MU
16:53 27 Februari 2011
jordan biang kerok
rudy, papua
09:23 21 Februari 2011
berngsek tu jordan.....kalau saja dia di papua udah gua rontokin gigi depan bawahnya.....kan gigi atasnya ka emang udh rontok...makanya jangan provokasi pemain......kalau mau di hormati pemain atau sesama pelatih,,oke bro

GENNARO GATTUSO: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA