Daftar Klub Terbaik Tahun 2012 Versi IFFHS

11-01-2013 06:48
Klik tombol ← → (panah) untuk halaman berikutnya
   
Daftar Klub Terbaik Tahun 2012 Versi IFFHS

Bola.net - IFFHS kembali membuat ranking, kali ini mereka mengeluarkan daftar klub terbaik dunia selama tahun 2012. Ranking yang dikeluarkan oleh IFFHS ini murni berdasarkan statistik.

IFFHS (International Federation of Football History and Statistics) adalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk mencatat sejarah dan statistik sepakbola. Meski bukan badan resmi FIFA, IFFHS diakui keberadaannya oleh FIFA.

Metode yang digunakan untuk menentukan posisi dalam ranking ini adalah dengan menilai performa tim sepanjang tahun 2012. Pencapaian gelar atau trofi sama sekali tak masuk hitungan dalam pengurutan ini.

Setiap kemenangan akan mendapat poin tertentu, tergantung dari kompetisi dan yang dijalani. Semua kompetisi di dunia mendapatkan diberikan nilai tertentu sesuai dengan kualitas tim kontestannya. Sebagai contoh, kemenangan di Liga Champions mendapat poin 14, imbang mendapat 7 dan kalah 0.

Kompetisi domestik (liga) dibagi menjadi empat level. Yang tertinggi adalah level 4. Kemenangan dalam level 4 mendapat empat poin, level 3 mendapat tiga poin dan seterusnya.

Berikut adalah daftar klub terbaik tahun 2012 versi IFFHS. (iffhs/hsw)


ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA