Editorial: Layakkah Rooney Disalahkan?

25-06-2012 12:00

 | Wayne Rooney

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi


Sebagai eksekutor penalti kedua Inggris setelah sang kapten Steven Gerrard, Rooney melaksanakan tugasnya dengan baik. Tendangan kerasnya mampu mengecoh Gianluigi Buffon dan membuat Inggris memimpin dengan skor 2-1 di babak adu penalti.

Namun, Inggris hanya mampu memimpin sejauh itu saja. Ashley Young dan Ashley Cole gagal menyarangkan bola ke gawang Buffon. Sementara tiga algojo Italia berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna. Salah satunya adalah penalti 'cantik' dari Andrea Pirlo. Kesempatan Inggris untuk melaju ke babak semifinal pun buyar sudah.

Barisan gelandang Inggris tak mampu berbuat banyak dalam menghadapi Italia yang dikomandoi oleh Pirlo. Setiap lini tengah Inggris berusaha membangun serangan, selalu ada pemain Italia yang melakukan pressing ketat.

Kreasi-kreasi serangan yang biasa ditampilkan Gerrard pun tak terlihat dalam pertandingan tersebut. Italia benar-benar mampu mendominasi lini tengah Inggris. Statistik mencatat bahwa penguasaan bola Italia mencapai 60% lebih. Inggris sebenarnya cukup beruntung mampu menahan Italia hingga memaksa terjadinya babak adu penalti.

Rooney memiliki beberapa peluang mencetak gol pada pertandingan tersebut. Namun, sepertinya memang Rooney sedang tidak berada pada hari terbaiknya. Aksi-aksinya tak mampu mebuahkan gol bagi skuad The Three Lions. Peluang terbaiknya didapatkan di menit ke-34, saat Gerrard mengirimkan umpan crossing yang ciamik kepadanya. Namun sayang sundulannya tak menemukan sasaran dan melambung di atas mistar gawang Buffon. Aksi akrobatiknya di babak extra time juga tak menghasilkan gol bagi Inggris

Walaupun tampil kurang mengesankan, Rooney sempat beberapa kali mampu meciptakan ruang tembak bagi rekan-rekannya. Salah satunya adalah saat dia bermain umpan one-two bersama Danny Welbeck di menit ke-31. Tapi sayang, tendangan Welbeck melebar ke sisi kanan gawang.

Penampilan Rooney musim lalu bersama klubnya, Manchester United berjalan cukup baik baginya. Rooney mampu menyumbangkan 27 gol dalam 34 kali penampilannya. Namun, penampilannya saat bermain di timnas justru tak sebaik ketika bermain di klubnya.

Terlepas dari segala kesulitan yang dihadapi Rooney bersama timnasnya, beban kekalahan Inggris melawan Italia semalam tidak seharusnya diberikan kepada Rooney seorang. Ini karena dirinya tak cukup banyak mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. (kpl/bola)

Tag euro 2012

WAYNE ROONEY: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA