Editorial: 'Skandal' Pertanda Hoki Italia?

25-06-2012 13:15

 | Gianluigi Buffon

Bola.net - Oleh: Bayu Yulianto

Italia
berhasil merebut satu tempat babak semifinal setelah mengalahkan Inggris melalui drama adu penalti. Gianluigi Buffon menjadi pahlawan kemenangan Azzurri karena berhasil membaca tendangan Ashley Cole.

Tunjukkan tangan Buffon kepada Riccardo Montolivo seakan memberikan isyarat bahwa penyelamatan gemilang itu dilakukan untuk mantan pemain Fiorentina yang gagal melakukan penalti saat melakukan eksekusi.

Bukan babak dramatis ini yang menarik untuk dibincangkan, namun fakta unik Italia di setiap turnamen besar. Setiap kali Italia memasuki suatu turnamen dengan masalah besar dalam persebakbolaan mereka, setiap kali itu pula mereka sukses mengangkat piala.

Masih ingat dengan Paolo Rossi? Ia dituduh sebagai aktor penting skandal judi Totonero sekitar tahun 1980an. Meski mengaku tak bersalah, Rossi dijatuhi hukuman larangan berkecimpung dalam dunia persepabolaan selama dua tahun.

Tepat dua tahun masa pengasingannya, secara mengejutkan namanya dipanggil dalam timnas Italia untuk Piala Dunia tahun 1982. Meskipun diragukan kemampuannya oleh pers dan tifosi, ia berhasil membuktikan kepada publik bahwa dia belum habis dengan tiga gol yang disarangkan ke gawang Brazil.

Di babak selanjutnya, dua gol Rossi membungkam Polandia dan melaju ke babak final untuk melawan Jerman. Rossi membuka gol pertama dan menginspirasi kesuksesan Italia mengangkat Piala Dunia 1982 tersebut.

Italia harus menunggu 24 tahun lamanya untuk kembali menjadi jawara. Dan mereka mengawali turnamen ini lagi-lagi dengan sebuah skandal.

Adalah seorang Luciano Moggi yang menghancurkan Serie A dan tim sebesar Juventus dengan skandal Calciopoli-nya musim 2004-2005.

Memasuki turnamen dengan rasa malu, Italia malah berjaya dan merebut Piala Dunia tahun 2006 dari tangan Prancis dalam pertandingan yang diwarnai adu penalti dan tandukan kepala Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi.

Dan dalam Piala Eropa 2012 ini. Timnas Italia kembali dihantam skandal pengaturan skor yang diduga melibatkan legenda hidup Italia, Giuseppe Signori, dan beberapa pemain Serie A seperti Cristian Doni, Mauro Bressan, dan Antonio Bellavista.

Skandal selalu mewarnai perjalanan timnas Italia. Dan rasa malu dari kasus tersebut seakan menjadi suntikan moral bagi mereka. Italia berhasil membuktikan bahwa mereka mampu bicara banyak ketika banyak prediksi meragukan mental bertanding Azzurri. Kemenangan atas Inggris bisa kita jadikan sebagai bukti.

Apakah fenomena skandal dan Italia akan berhasil membawa kemenangan atas Jerman di semifinal dan mengalahkan calon lawan mereka di final Euro 2012 nanti? Layak kita buktikan. (kpl/bola)


GIANLUIGI BUFFON: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA