Fakta-fakta Yang Harus Anda Tahu Tentang Andre Villas-Boas

11-07-2012 03:26

 | Andre Villas-Boas

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi


Anda mungkin sudah sering mendengar nama Andre Villas-Boas di berbagai media massa. Dia adalah pelatih muda yang musim lalu sempat menangani Chelsea sebelum akhirnya dilengserkan secara paksa oleh Roman Abramovich. Enam bulan kemudian, pelatih muda ini kembali ke kota London. Kali ini dirinya menjadi pelatih Tottenham Hotspur, rival satu kota Chelsea.

Namun, apakah anda semua telah benar-benar mengetahui siapa sosok AVB yang sebenarnya? Prestasi apa saja yang telah diukirnya sehingga Chelsea dan kemudian Spurs tertarik menyewa jasanya? Berikut beberapa fakta yang harus anda ketahui tentang pria Portugal ini:

AVB Tak Pernah Bermain Sepakbola Secara Profesional

Ya, AVB adalah pelatih yang sepanjang hidupnya tak pernah bermain sepakbola secara profesional. Bahkan untuk klub kecil sekalipun. Hal ini cukup unik. Berbeda dengan kebanyakan pelatih yang sebelumnya pernah mencicipi bagaimana rasanya menjadi pesepakbola profesional. Ruud Gullit, Roberto Di Matteo, Sir Alex Ferguson, Didier Deschamps adalah beberapa contoh pelatih yang sebelumnya berprofesi sebagai pemain profesional.

Usianya Baru Menginjak 16 Tahun Ketika Dia Mulai Bekerja Di Klub Porto

Cara AVB memasuki dunia kepelatihan sepakbola juga dianggap unik. Semua bermula ketika AVB mengirim sebuah surat kepada Sir Bobby Robson, pelatih Porto saat itu.

Isi surat tersebut menyatakan bahwa Sir Robson harus lebih sering memainkan striker Domingos Paciencia sebagai starter ketimbang mendiamkannya di bangku cadangan. Sang pelatih pun akhirnya mengundang AVB untuk bergabung bersamanya untuk melakukan scouting terhadap penampilan Peciencia di beberapa pertandingan Porto. Hasilnya, Robson terkesima dengan kemampuan analisis yang dimiliki AVB. Robson pun akhirnya menunjuk AVB sebagai salah sorang staf pelatih skuad junior Porto.

Menukangi timnas Kepulauan Virgin Britania Raya di Usia 21 Tahun

Hanya berselang 5 tahun setelah dirinya diangkat sebagai staf pelatih skuad junior Porto, AVB ditunjuk untuk menjadi pelatih timnas Kepulauan Virgin Britania Raya. Tugasnya saat itu adalah menyiapkan timnas tersebut untuk berlaga di babak kualifikasi piala dunia 2002.

Sayang, karir pertamanya sebagai pelatih tak berjalan mulus. Timnya tak mampu lolos babak kedua kualifikasi zona CONCACAF. Timnas yang dipimpinnya harus babak belur dihajar oleh timnas Bermuda dengan agregat gol 14-1.

Berhasil Menyelamatkan Klub Academica Dari Degradasi

Saat usianya telah mencapai 29 tahun, AVB mendapat kepercayaan untuk menukangi klub Portugal bernama Academica. Kondisi klub tersebut saat itu sangat memprihatinkan. Academica berada di posisi paling buncit klasemen dan tak mampu meraih satu kali kemenangan pun.

Namun, dengan cerdik AVB mampu membawa perubahan dalam klub tersebut. Taktik yang diusungnya berhasil membawa Academica bangkit dari jurang degradasi dan menduduki posisi ke 11 di klasemen liga. Selain itu, AVB juga mampu membawa klubnya mencapai babak semifinal Piala Liga Portugal.

Menjadi Pelatih Termuda Yang Berhasil Membawa Porto Meraih Treble

AVB berhasil membawa Porto meraih sukses di tiga ajang kompetisi yang berbeda. Semua itu terjadi berkat kejeliannya memilih pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim, penerapan formasi 4-3-3 dan tentunya kerja keras.

Gelar-gelar yang diraihnya terebut yaitu gelar juara Piala Liga Portugal, juara Liga Portugal, dengan rekor tak terkalahkan dalam satu musim, dan juara Liga Eropa. Dengan gelar-gelar yang diraihnya tersebut, AVB dinobatkan sebagai pelatih terbaik yang pernah ada dalam sejarah klub Porto. Usianya bahkan masih 33 tahun saat itu.

Bernasib Sial Saat Menukangi Chelsea

Tak lama setelah membawa Porto meraih treble, Chelsea tertarik untuk untuk menggunakan jasanya. Chelsea bahkan dirumorkan mengeluarkan dana sebesar 28 juta pounds demi mendapatkan pelatih muda ini.

AVB mengalami kekalahan pertamanya hanya empat minggu setelah liga mulai bergulir. Selanjutnya, keadaan semakin bertambah buruk. AVB tak dapat mengontrol situasi klub. Kekuasaannya bahkan dilangkahi oleh sejumlah pemain senior seperti Frank Lampard dan Didier Drogba.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, AVB pun akhirnya dipecat dari Chelsea per tanggal 4 Maret 2012 setelah Chelsean menelan kekalahan dari West Bromwich Albion dengan skor 1-0.

Itulah fakta-fakta mengenai seorang Andre Villas-Boas. Sekarang, AVB akan membuka lembaran baru bersama Spurs. Akankah dia akan mempu membawa Spurs menjadi tim yang lebih konsisten dalam bermain?Akankah dia akan sukses seperti saat menangani Porto? Ataukah dia akan mengulang memori buruk bersama Chelsea? Semuanya akan terjawab ketika liga Inggris mulai bergulir Agustus mendatang. (kpl/bola)

ANDRE VILLAS-BOAS: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA