Harapan Besar Portugal Pada CR7

26-06-2012 16:30

 | Cristiano Ronaldo

Bola.net - Oleh: Bayu Yulianto


Layaknya seorang Pele untuk Brazil, maka seperti itulah Cristiano Ronaldo untuk Portugal. Beban besar dipikul Ronaldo dalam turnamen Euro 2012 ini demi harga diri sebuah bangsa.

Portugal adalah salah satu negara Eropa yang kekuatan sepakbolanya paling diperhitungkan. Tim mereka diisi dengan pemain dengan skill individu di atas rata-rata. Namun kali ini mereka harus berhadapan dengan Raja Eropa, Spanyol, demi menggenggam satu tiket di partai puncak.

Yang diperlukan Selecao Das Quinas untuk menghancurkan reputasi Spanyol adalah permainan maksimal dari Ronaldo.

Ronaldo selalu menjadi bahan cibiran di awal turnamen, namun seiring berjalannya turnamen, pendapat itu berubah. Permainan Ronaldo berkembang dan memimpin rekan-rekannya melaju ke perempat-final dengan gol-gol indahnya yang menghentikan langkah Belanda.

Ronaldo menjadi inspirator yang memperpanjang nafas Portugal di turnamen ini. Semangatnya selalu berkobar saat berada di lapangan karena seorang pemain terbaik dalam tim akan menghadapi rintangan seorang diri, membangun kesempatannya sendiri dan berusaha menciptakan peluang untuk melewati rintangan tersebut.

Dengan tak kenal lelah ia menjelajah pertahanan Belanda dan berusaha melepaskan beberapa tembakan ke arah gawang. Andai keberuntungan menyertainya, bola sepakannya bisa saja mengoyak jala gawang Belanda daripada menghantam mistar.

Hal yang sama juga terjadi dalam laga perempat-final melawan Republik Ceko. Ceko memutuskan untuk bertahan demi membendung serangan Ronaldo dan Portugal. 20 tendangan mengarah ke gawang Portugal menjadi bukti.

Tidak hanya permainan Ronaldo yang semakin berkembang, namun juga semua rekan setimnya. Bintang Real Madrid ini seakan menjadi panutan bagi teman-temannya. Saat Ronaldo bermain baik, maka Portugal bermain baik.

Ironisnya, sejarah mencatat bahwa perjalanan Portugal dalam turnamen-turnamen besar selalu saja diwarnai dengan kesedihan. Bermain luar biasa namun akhirnya harus menangis saat perjuangan mereka harus terhenti di penghujung cerita.

Sehebat apapun Ronaldo, ia harus melebihi batas kehebatannya untuk menghadapi Spanyol di babak semifinal bila ingin mengubah nasib buruk Portugal. Untuk itu, peran seorang Nani tak terbantahkan. Kerjasama apik mereka di dua laga terakhir mengundang decak kagum para penikmat bola.

Ketika Ronaldo bermain cemerlang, maka akan tercipta lebih banyak peluang untuk Nani. Dan ketika Nani memiliki banyak peluang, beban berat sang kapten, Ronaldo, akan menjadi ringan dengan umpan jenius dan kreativitas dari Nani.

Spanyol seperti sebuah tank yang siap menggilas siapapun yang menghadang mereka. Portugal dihadapkan pada keputusan sulit. Namun ada satu keuntungan yang dimiliki Portugal untuk menghadapi Spanyol, yaitu Cristiano Ronaldo.

Seorang pemain terbaik di dunia yang harus bermain lebih baik lagi di babak semifinal nanti demi membangun semangat di dalam tim dan menggoreskan tinta emas dalam sejarah negaranya. (kpl/bola)

Tag euro 2012

CRISTIANO RONALDO: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA