Keperkasaan Liga Inggris Tak Sebanding Dengan The Three Lions

15-06-2012 19:32

 | John Terry

Bola.net -


Oleh: Indra Pramana


Inggris memiliki liga domestik yang paling kompetitif dan menjadi tujuan banyak pesepakbola di bumi ini, seharusnya hal tersebut membuat pengertian bahwa gaya bersepakbola di Inggris sangat disukai; mudah diadaptasi; dan menghibur, benarkah demikian?

Coba saja kita perhatikan pemain-pemain non Inggris yang bermain di Euro kali ini, ambil contoh Samir Nasri (Prancis) yang hingga saat ini mengadu nasib di Manchester City setelah sebelumnya di klub Arsenal, menempa diri selama 4 tahun di tanah sang Ratu Elizabeth permainannya semakin hari semakin mengundang decak kagum penggemar olahraga si kulit bundar.


Sering kita dengar dari mulut pengamat sepakbola jika kita ingin membuat liga kita jauh lebih berkembang, maka datangkanlah pemain-pemain asing ke negara kita, maka otomatis anak-anak bangsa kita akan banyak mendapat ilmu dan pengalaman dari mereka.

Tidak kurang dari 132 pemain di musim kompetisi 2011-2012 yang datang ke liga Premier, alih-alih menaikkan kualitas pemain lokalnya, justru para pemegang paspor-lah yang semakin berjaya di tanah orang lain, ironis namun ini kenyataannya. Lalu apa sebenarnya alasan utama liga Inggris ini menarik banyak pemain asing untuk bermain di liga-nya?

Gaji, silahkan anda urutkan daftar 10 besar pesepakbola di liga Inggris yang memiliki gaji tinggi, memang ada nama Rooney; Terry; dan Lampard di sana, selebihnya?.


Sekarang, mari kita urutkan nama-nama pemain yang seharusnya dapat diharapkan mampu mendongkrak permainan The Three Lions berdasarkan prestasi klub masing-masing:









 


  1. Chelsea: John Terry; dan Ashley Cole merupakan punggawa-punggawa yang pada musim ini membantu klub-nya meraih 2 piala, bahkan yang terakhir adalah piala kejuaraan Liga Champion Eropa.
     


  2. Manchester City : Joe Hart; Joleon Lescott; dan James Milner mampu membuktikan mereka bukanlah Tetangga yang berisik, piala juara liga yang telah lama dinantikan telah mengisi lemari mereka tahun ini setelah sebelumnya berada di kota seberang.
     


  3. Manchester United: Phil Jones; Ashley Young; Wayne Rooney; dan Daniel Welbeck adalah bintang di dalam sebuah klub raksasa eropa.
     


  4. Arsenal: Theo Walcott dan Alex Oxlade-Chamberlain merupakan pemain muda The Gunner yang mampu membuktikan musim tetap berjalan dengan baik meskipun bintang-bintang ekspor mereka hengkang.
     


  5. Tottenham Hotspurs: Scott Parker dan Jermain Defoe. Klub yang selalu berpotensi merusak tatanan The Big Four, bahkan di musim lalu berhasil lolos ke liga Champions.
     


  6. Liverpool: Glen Johnson; Martin Kelly; Steven Gerrard; Jordan Henderson; Stewart Downing; dan Andy Carroll. Klub yang paling banyak menyumbang pemain lokalnya di skuad Three Lions, musim ini The Kop berhasil mengamankan 1 piala Carling, dan hampir saja menggandakannya dengan piala FA sebelum dikalahkan oleh Chelsea.
     



Dari semua nama-nama di atas, selain telah banyak makan asam garam di liga domestik mereka juga sudah sering mencicipi sengitnya pertarungan di liga buatan UEFA, mengenal karakter individu lawan bahkan variasi gaya penyerangan-pun telah mereka hapal di dalam kepala, namun ketika punggawa-punggawa ini bermain untuk negaranya tak ada satu orangpun yang mampu menularkan prestasi itu ke negara yang mengklaim sebagai negara pencipta olah raga ini.








Semenjak tahun 1960 pelaksanaan Piala Euro, prestasi terbaik yang pernah dirasakan skuad The Three Lions adalah Semifinal di tahun 1968 dan 1996!. Bahkan di edisi Euro terakhir tahun 2008 Inggris tidak lolos, tekanan media yang begitu bertubi-tubi semakin berat membebani pundak mereka, hal-hal tidak penting seperti berita tentang perilaku Wags bahkan jauh lebih menarik perhatian ketimbang persiapan dan peluang mereka di tiap kejuaraan, dan berita panas yang terakhir tentang John Terry dan kehidupan pribadinya ternyata sangat berpengaruh dengan penunjukan dia sebagai Kapten Inggris!.



Inggris akan selalu masuk dalam daftar unggulan kejuaraan internasional, dan nampaknya hanya sebatas itu saja yang dapat negara ini torehkan. Kita lihat saja, di saat hiruk-pikuk pagelaran Euro ini berakhir pasti akan banyak kritik dan masukan yang digelar di atas kertas yang ditujukan kepada FA, namun hanya sebatas itu, pendukung Inggris di seluruh benua akan terus berharap kapan nama The Three Lions akan masuk dalam daftar sejarah pemenang kejuaraan ini. (ip)






 

(kpl/bola)

JOHN TERRY: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA