Laga Perdana Rooney Sama Dengan Laga Terakhir Inggris

19-06-2012 18:38

 | Wayne Rooney

Bola.net - Oleh: Indra Pramana

Laga terakhir Inggris di grup D nanti akan menjadi pembuktian super star Inggris Wayne Rooney mengapa ia pantas dibawa meskipun sedang mengantongi larangan bermain di 2 laga fase grup Euro, dan Inggris sendiri akan sangat menantikan buah perjudian Hodgson atas Rooney yang mereka bawa ke Euro.

Label yang melekat pada diri Rooney sebagai seorang striker terbaik yang dimiliki Inggris saat ini diyakini akan menjadi suntikan semangat bagi seluruh anggota The Three Lions dan akan menambah  kekuatan penyerangan secara signifikan. Roy Hodgson selaku manager Inggris secara langsung memberikan pengakuan pentingnya peranan Rooney dalam skuad Inggris dengan mengatakan bahwa figur seorang Rooney tidak dapat dipisahkan dengan sepakbola Inggris saat ini.

Inggris sebenarnya hanya membutuhkan hasil seri di pertandingan nanti melawan Ukraina, namun manager Hodgson menyatakan bahwa ia tidak pernah mengharapkan hasil seri di setiap tim yang ditanganinya, hasil menang adalah merupakan target yang selalu dicanangkannya pada setiap laga, memang Inggris saat ini berada pada garis sedikit aman, namun jika Inggris hanya akan mencari seri maka itu akan sangat berbahaya, ini artinya Inggris akan membiarkan lawan untuk selalu mengambil inisiatif menyerang dan berada pada setengah lapangan area pertahanan, jika ternyata lawan berhasil mencuri 1 gol saja maka semua rencana dan bayangan pertandingan selanjutnya akan musnah.



Sebenarnya apa saja alasan utama Rooney tetap berhak membela Inggris dibalik hukuman larangannya bermain di 2 laga awal Euro tahun ini?
  1. Gol
Tidak dapat dipungkiri bahwa dibalik semua perilaku negatif yang menyertainya, Rooney adalah pencetak gol terbanyak dari semua striker yang dibawa ke Euro kali ini, bahkan jika bandingkan secara detail jumlah gol Rooney memiliki selisih sembilan gol lebih banyak dari jumlah gol Welbeck; Carroll dan Defoe dijadikan satu.

  1. Posisi
Dengan masuknya Rooney dalam skuad maka susunan formasi akan dapat lebih elastis untuk berubah, kemampuan Rooney sebagai seorang striker tunggal maupun second striker yang akan membelah pertahanan demi keleluasaan Welbeck di depan akan sangat dibutuhkan. Seandainyapun Hodgson ingin mencari alternatif penyerangan melalui sayap, maka Rooney masih dapat digunakan pada posisi itu.

  1. Passing
Spanyol memiliki Xavi, Kroasia memiliki Modric, dan Inggris memiliki seorang Rooney yang mampu memberikan passing-passing akurat kepada rekan-rekannya di lapangan, menurut data dari media cetak bahwa sebanyak 75% adalah besarnya keakuratan passing Wayne Rooney, jadi selain umpan-umpan panjang yang lebih banyak dilakukan di dua pertandingan terakhir, keberadaan Rooney nampaknya akan banyak merubah pola itu.

  1. Mental Baja
Melupakan kejadian buruk Piala Dunia kemarin dan kembali bangkit Rooney telah melakukannya, setelah tampil tidak sesuai dengan ekspetasi yang diharapkan publik, Rooney mampu bangkit kembali dan bermain apik bagi klubnya. Keberanian; Determinasi; dan Pekerja keras adalah modal mental baja yang dimiliki seorang Rooney untuk mendukung keluarnya secara maksimal kemampuan skill/teknik individunya.

Rooney tidak akan pernah takut untuk beradu 1 lawan 1 dengan lawan atau bahkan 2 orang sekalipun, dengan tubuh gempal dan keseimbangan yang sempurna maka untuk menjatuhkan seorang Rooney dibutuhkan tackling-tacling yang keras dan kekuatan body contact dari lawan, namun Rooney tak pernah takut akan hal itu.

Keberadaan ia di barisan depan selain mencetak gol adalah mampu membuka/membelah ruang pertahanan dan membantu rekannya untuk menghasilkan angka. Rooney adalah seorang pemain yang tak pernah berhenti bergerak, keberadaannya dilapangan tidak boleh lepas dari pandangan defender lawan, dia tidak ragu untuk turun merebut bola kemudian membawanya ke depan dan sesaat kemudian ia sudah berada di sisi lapangan dengan lutut dilekuk sambil mengangkat kedua tangannya ke atas udara.

Jika Inggris mampu melewati pertandingan ini dengan kebahagiaan, maka peran Rooney di pertandingan selanjutnya akan lebih banyak terasa, dan untuk sementara gempuran sinisme-sinisme negatif dibawanya Rooney dapat diredam, namun paling tidak Rooney sebaiknya mampu mencetak  gol lebih banyak dari rekan-rekannya dalam pagelaran Euro ini, dan itu bisa diwujudkan pada pertandingan nanti dan setelah Inggris lolos.

Jika ternyata tuan rumah sebagai lawan mampu meredam keperkasaan The Three Lions, maka Inggris akan menambahkan catatan menjadi 8 kali tidak lolos di fase grup, keberadaan Hudgson dipastikan akan dipertanyakan lagi terutama karena kengototannya membawa Ronney, dan sekali lagi Rooney harus tertunduk pulang sambil membuat janji dengan Psikiater yang pernah ia temui usai Piala Dunia lalu.
  (kpl/bola)

WAYNE ROONEY: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA