Lewandowski Pilihan Ideal Untuk Arsenal

10-07-2012 18:17

 | Robert Lewandowski

Bola.net - Oleh: Bayu Yulianto


Suhu bursa transfer tahun ini terasa lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya. Meski belum banyak perpindahan pemain, namun spekulasi masa depan Robin van Persie cukup menyita perhatian publik.

Setelah dengan tegas menolak perpanjangan kontrak di Emirates, rumor langsung menyeruak seiring keputusan van Persie tersebut. Klub seperti Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Juventus santer diberitakan berusaha mendapatkan pemain asal Belanda ini.

Banyak yang menginginkan van Persie berpikir ulang dengan keputusannya, namun banyak pula yang menginginkan dia pergi dari Arsenal dengan alasan yang bermacam-macam pula.

Keinginan van Persie itu juga menimbulkan spekulasi tentang pengganti yang pantas untuk mengisi posisi RVP, mulai dari Stevan Jovetic dan Victor Moses hingga pemain yang baru-baru ini meraih popularitas, Robert Lewandowski.

Kesempatan bermain Lewandowski datang saat Lucas Barios dihajar cedera. Permainannya tidak mengecewakan. Bersama Borussia Dortmund ia berhasil menyarangkan 22 gol dan mengantar Dortmund mempertahankan gelar juara mereka.

Dia menjadi bintang di tanah Jerman. Kepopulerannya semakin naik saat membela timnas Polandia di Euro 2012. Heading penuh tenaganya di laga pembukaan Euro lalu begitu susah untuk dilupakan.

Meski Polandia gagal ke babak perempat-final, nama Lewandowski terus membumbung tinggi. Apalagi namanya dihubung-hubungkan dengan raksasa Inggris, Manchester United. Namun hingga saat ini, hal itu hanya sebatas spekulasi saja.

Dengan perginya van Persie, pemain seperti Lewandowski mungkin akan menjadi tambahan yang pas untuk tim Arsenal. Walau lima tahun lebih muda dari van Persie, Lewandoswki menunjukkan bahwa dia memiliki kemampuan yang bisa digunakan oleh klub mana-pun yang akan ia bela musim depan.

Lewandowski berkontribusi memberikan delapan assist musim lalu namun juga membuat 78 pelanggaran, paling banyak daripada rekan-rekannya. Lewandowski juga melepaskan lebih banyak tembakan (119) dan 55 di antaranya tepat mengarah ke gawang. Paling banyak daripada pemain mana pun di level kompetisi tertinggi di Jerman. Rata-rata, dia mencetak sebuah gol setiap 130 menit, tertinggi ke-enam di Bundesliga.

Meski van Persie secara statistik lebih baik daripada Lewandowski, namun harus kita ingat bahwa van Persie berada dalam puncak karirnya. Hal yang mungkin akan sulit untuk diulangi oleh seorang van Persie di musim depan.

Sementara itu, musim lalu Lewandowski selalu menjadi pilihan utama Die Borusen. Dengan ditemani pemain-pemain seperti Mario Gotze, Shinji Kagawa dan Jakub Blaszczykowski, permainan Lewandowski seakan susah untuk dibendung.

Lewandowski mencetak empat gol dalam laga penting Dortmund, baik di Bundesliga saat bertemu Muenchen serta di final DFB Pokal. Tidak bisa dibayangkan, bagaimana kekuatan Dortmund bila tidak ada Lewandowski.

Kunci sukses terletak pada formasi Dortmund yang memasang Lewandowski sebagai striker tunggal. Hal ini menunjukkan kualitas terbaik seorang Lewandowski, yang ditunjang dengan fisik serta naluri mencetak gol yang hebat.

Sama dengan Robin van Persie, ia menjadi seorang striker tunggal di Arsenal. Meski The Gunners mungkin harus mengubah filosofi mereka dengan datangnya Lukas Podolski serta Olivier Giroud, Lewandowski masih akan memiliki banyak peluang untuk mencetak gol, apapun formasi yang akan dipakai oleh Arsenal.

Serangan Arsenal di musim lalu sangat efektif, klub ketiga terbanyak di Premier League yang mencetak gol terbanyak melalui sebuah permainan terbuka, serta memimpin dalam jumlah gol yang diciptakan melalui serangan balik (sembilan gol).

Arsenal juga memiliki keuntungan dengan adanya kiper Polandia, Wojciech Szczesny, yang mungkin diperlukan untuk membantu Lewandowski beradaptasi di Inggris.

Lewandowski akan menjadi pilihan cadangan yang tepat bagi Arsenal untuk berjaga-jaga andai Robin van Persie benar-benar meninggalkan Emirates tahun ini.
(kpl/bola)

ROBERT LEWANDOWSKI: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA