Madrid vs Dortmund, Duel Sepakbola Kelas Atas

01-05-2013 14:40

 | Timo Scheunemann

Madrid vs Dortmund, Duel Sepakbola Kelas Atas

Bola.net - Oleh: Timo Scheunemann

Luar biasa pertandingan dini hari tadi antara Real Madrid dan BVB Dortmund! Sepakbola kelas paling atas ditampilkan kedua tim. Semua komponen yang menghasilkan pertandingan seru dan berkualitas, bisa ditemukan pada pertandingan dini hari tadi.

Ada ketegangan, ada skill individu kelas dunia, ada kerjasama tim yang rapi, ada pertahanan yang disiplin dan sangat taktis, ada semangat dan ada mental pantang menyerah. What a game; this is football! Beginilah sepakbola yang seharusnya!

Menurut pengamatan saya pertandingan semalam terbagi dalam tiga siklus, yang masing-masing berdurasi 30 menit. Di 30 menit pertama babak pertama BVB digempur habis-habisan oleh Real. Saya mencatat 3 peluang emas 24 karat untuk Real dan 1 peluang emas 24 karat untuk Dortmund pada babak pertama.

Melihat ke belakang, ketidakmampuan Ronaldo dan Higuain mencetak gol dari tiga kesempatan emas yang ada di fase awal pertandingan yang begitu krusial adalah faktor utama kegagalan Real mengejar ketertinggalan untuk lolos ke final Liga Champion  musim ini.

Pada 15 menit terakhir babak pertama serta 15 menit awal babak yang ke dua (siklus 30 menit yang kedua) badai putih Real Madrid mereda. BVB malah berbalik menguasai pertandingan. Saya mencatat 2 kali BVB berhasil menciptakan peluang dengan kategori 24 karat pada fase ini. Bandingkan dengan hanya dua peluang half chances Real yang tidak bisa dikategorikan sebagai peluang emas.

Pada fase ini saya rasa kebanyakan penonton ,termasuk saya, sudah merasa BVB akan aman dan Real sudah habis.

Namun, kenyataan yang terjadi berbeda. Sekali lagi angin berbalik arah dan menyapu kostum-kostum putih untuk maju dan mengurung pertahanan Dortmund. Dua gol terjadi di siklus 30 menit ketiga yang sangat menegangkan ini. Pertahanan BVB rapi dan penuh energi dengan tata cara pergeseran pemain yang mulus sehingga hampir selalu tercipta situasi menang jumlah 2 versus 1 dan 3 versus 1 akhirnya tumbang juga.

Andai saja Real mampu mencetak satu gol lagi dipastikan Real akan melaju ke final dan BVB akan gigit jari. Sebagai penggemar timnas dan sepakbola Jerman pada umumnya saya bersyukur hal itu tidak terjadi. Mimpi all German final bagi publik penggila sepak bola  Jerman masih terjaga. Namun respect buat Real yang tidak patah semangat sampai pada “tetes darah yang terakhir”. (den/mac)


TIMO SCHEUNEMANN: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA