Momen-momen Krusial Laga Final Spanyol vs Italia

03-07-2012 12:15

 | Fernando Torres

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi

Italia terhempas 4-0 oleh Spanyol di laga final Euro 2012 yang berlangsung di Olympic Stadium Kiev, Ukraina. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil akhir tersebut. Umpan-umpan menawan yang diperagakan oleh pemain-pemain Spanyol, finishing yang hebat dan tentunya, cederanya Thiago Motta berpengaruh pada jalannya pertandingan tersebut.

Keempat gol Spanyol dicetak oleh David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata. Kemenangan ini sangat bersejarah bagi Spanyol. Banyak rekor-rekor baru yang tercipta dari hasil akhir tersebut. Pantaslah jika tim ini diberi predikat tim yang 'Super!', tim terbaik yang pernah ada di dunia sepakbola ini.

Berikut ulasan momen-momen krusial yang terjadi pada laga final tersebut:
1.David Silva mencetak gol di menit ke-14
David Silva mencetak gol pertama Spanyol melalui sundulan kepala. Proses gol tersebut bermula ketika Iniesta berdiri bebas di tengah lapangan. Dia melihat ada celah kosong diantara para bek Italia. Cesc Fabregas juga melihat celah ini. Cesc segera berlari menusuk area kotak penalti diiringi dengan umpan terobosan dari Iniesta. Fabregas berhasil mengecoh Chiellini dan melepaskan crossing depan gawang Buffon. Andrea Barzagli yang berdiri out of position tak dapat membendung gerakan David Silva yang datang dari arah belakangnya. Sundulan Silva melaju mulus ke arah tiang jauh.

Gol itu merupakan gol dari hasil kerja sama yang apik diantara para pemain-pemain Spanyol. Gol tersebut juga mencatat rekor tersendiri. Gol di menit ke-14 tersebut tercatat sebagai gol tercepat yang pernah terjadi di sebuah laga final Euro sejak 1980.

2.Gol Jordi Alba Menit ke-41
Spanyol menggandakan keunggulan mereka di menit ke-41. Ini terjadi karena kelengahan barisan bek dan gelandang Italia yang tak segera menutup ruang Xavi dalam mengumpan. Kejelian Jordi Alba juga patut dipuji. Bek kiri yang sekarang resmi dimiliki oleh Barcelona ini melihat celah dalam pertahanan Italia. Dia pun segera melakukan sprint untuk melewati para bek Italia. Xavi pun segera melepaskan umpan khasnya, umpan terobosan dengan akurasi tinggi. Alba pun tinggal berhadapan dengan Buffon, dan Alba tak menyia-nyiakan kesempatan terebut untuk mencetak gol.

Gol tersebut merupakan gol pertama Alba bagi timnas Spanyol.

3.Cederanya Thiago Motta Di Menit Ke-60
Gelandang PSG ini masuk ke lapangan menggantikan Riccardo Montolivo di menit ke-56. Pergantian tersebut merupakan jatah pergantian yang terakhir bagi Italia. Thiago Motta bermain sejenak, namun, empat menit setelah memasuki lapangan, Motta terjatuh saat menggiring bola melewati para pemain Spanyol. Motta tampak kesakitan dan memegangi kakinya. Motta mengalami cedera hamstring.

Italia pun terpaksa harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-60. Disinilah petaka bagi Italia dimulai. Harapan untuk sekedar mengimbangi Spanyol pun sirna sudah.

4.Torres Mencetak Gol di Menit ke-84
Sempat mandul sejak pindah dari Liverpool demi memperkuat Chelsea, Fernando Torres sedikit demi sedikit mulai menemukan kembali ketajamannya di depan gawang lawan. Salah satu momen kebangkitannya terjadi di laga final melawan Italia ini. Masuk sebagai pemain pengganti, Torres kemudian mampu mencetak gol ketiga Spanyol di menit ke-84. Gol-nya kali ini lagi-lagi berkat assist dari seorang Xavi Hernandez.

Gol tersebut semakin mengubur asa Italia dalam mengejar ketertinggalan mereka. Selain itu, ada rekor lain yang dicetak Torres. Dia tercatat sebagai pemain pertama yang mampu mencetak gol di dua laga final Euro yang berbeda.


5.Juan Mata Mencetak Gol Penutup
Pemain ini masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-87. Tak butuh waktu lama bagi pemain ini untuk mencetak gol. Dia hanya membutuhkan waktu 1 menit 14 detik untuk mengoyak gawang Buffon. Gol ini terjadi berkat assist Torres.

Gol ini menjadi gol terakhir Spanyol. Skuad Azzurri benar-benar menuai malu di laga ini. Spanyol menunjukkan kehebatan mereka yang sesungguhnya dan mencatatkan nama mereka dalam sejarah sepakbola dunia. (kpl/bola)


FERNANDO TORRES: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA