Neymar, Bintang Muda Sekaligus Aset Masa Depan Selecao

28-03-2011 16:42
Neymar saat merayakan gol lawan Skotlandia di Emirates Stadium. (GettyImages)
Neymar saat merayakan gol lawan Skotlandia di Emirates Stadium. (GettyImages)

Bola.net - Oleh: Zulfikar Aleksandri
Lemparan buah pisang simbol rasisme tak cukup menghentikan kebintangan Neymar di Emirates Stadium.

Gaya rambutnya nyentrik, mirip bintang punk rock. Tapi kaki-kaki Neymar-lah yang menyihir Samba.

Pemain bernama lengkap Neymar da Silva Santos Junior ini menjadi salah satu bintang muda sekaligus aset termahal Brasil di sepak bola modern saat ini.

Usianya masih 19 tahun, tapi harganya dipastikan berlipat puluhan juta pounds seiring ketertarikan tim-tim besar Eropa.

Sebagai produk akademi sepak bola Santos, Neymar dianugerahi talenta bola seperti halnya pemain Brasil lainnya. Ia bahkan sudah menjadi perbincangan publik jauh sebelum melakukan debutnya di tim senio Santos pada Maret 2009 lalu.

Gaya bermain Neymar disebut-sebut mirip Robinho. Bintang Brasil yang juga mengawal karir di Santos. Keduanya sama-sama lincah dengan trik dan dribel bola yang mengagumkan.

Sisi negatif Neymar, ia dikenal sebagai pemuda keras kepala, pernah membuat ibunya menangis saat di tim junior Santos, hingga berperan dalam pemecatan mantan pelatih junior Santos yang memberi dua gelar juara di tahun 2010, Dorival Junior.

Karir Neymar 'diselamatkan' oleh Mano Menezes. Pelatih Brasil yang menggantikan Dunga usai Piala Dunia 2010 lalu. Menezes melihat Neymar sebagai sosok berbakat dan penuh talenta yang harus dibimbing, bukan dikucilkan. Neymar pun diberi kesempatan bermain untuk Selecao.

Tangan dingin Menezes mampu mengendalikan perangai buruk Neymar. Bersama pemain muda lainnya yang juga berasal dari Santos, Paulo Henrique Ganso, Neymar menunjukkan kematangannya saat berkostum kuning-hijau.

Video: Gol-gol Neymar (Brasil vs Skotlandia)

Pertandingan uji coba Brasil vs Skotlandia menjadi caps ketiga Neymar bersama Selecao. Yang unik, ia mencetak tiga gol dalam tiga caps awal. Gol pertamanya untuk Selecao dicetak pada laga debut lawan Amerika Serikat, Juni tahun lalu.

Bila merunut ke belakang, jumlah gol Neymar selalu tak pernah lebih sedikit dari jumlah caps-nya. Tahun 2009 ia mencetak tiga gold alam tiga pertandingan bersama Brasil U-17, sedangkan tahun lalu ia mencetak sembilan gol dalam tujuh pertandingan Brasil U-20.

Highlights karir mudanya dibarengi catatan gol-gol fenomenal. Ia pernah mencetak lima gol saat Santos menang telak 8-1 atas Guarani di Piala Brasil tahun 2010 lalu. Saat Santos menjurai Campeonato Paulista 2010, Neymar mencetak 14 gol dalam 19 pertandingan. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik Campeonato Paulista.

Santos mematok harga 30 juta euro untuk Neymar. Harga yang harus dibayarkan Manchester United, Inter, Real Madrid, Chelsea, hingga Juventus bila ingin memboyong Neymar ke Eropa.

Mano Menezes menyebut karakter Neymar cocok untuk sepak bola Inggris. "Sepakbola Inggris akan membuatnya kuat dan membantunya mengatasi marking yang ketat," kata Menezes usai pertandingan Brasil vs Skotlandia.

Tapi Neymar lebih tertarik pindah ke Spanyol atau Italia, dengan Inter dan Juventus menjadi klub pilihannya bila harus ke Eropa. "Semua pemain pasti akan sangat menyukai jika berkesempatan menjajal Liga Italia," ucap Neymar.

Menarik ditunggu klub mana yang akan dituju Neymar di Eropa. (bola/zul)



Komentar Pembaca (5 komentar)
kkakhmad. JR, kecm
17:51 16 Juli 2012
talenta km akn lebih baik jika km ke madrid maupun barcA
arief mazhudie, malang
10:17 20 April 2011
langsung aja ke madrid NEYMAR,, gak usah bingung2,,,,
bili jo, jakarta
14:28 30 Maret 2011
neymar tipe fantasista jadi cocok ke juve buat gantiin pos fantasista juve yang udh uzur,, del piero
ga ada hubnya sama "kegagalan" org brazil di juve kaya diego or amauri,,
Andria Gutama, Batam
13:58 30 Maret 2011
Kalo ke EPL mending juga ke Arsenal, ada Mr Arsene Wenger yg terbukti ahli mengembangkan bakat muda menjadi brilian. Apalagi kalau Neymar mampu membawa Arsenal menjuarai trofi (apapun itu) wuihh pasti jadi pujaan baru publik London!
Rico
16:03 29 Maret 2011
Neymar, klo ke serie A jgn ke juve..
bisa duo milan ato mlh ke Lyon jg ga mslh..
Smoga jgn salah pilih klub krn kamu asset berharga bagi Selecao n sukses sll..

ARTIKEL LAINNYA