Parade Para Penyerang Terbaik Euro 2012

04-07-2012 15:08

 | Mario Balotelli

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi

Pergelaran Euro 2012 telah usai. Banyak hal yang terjadi selama penyelenggaraan turnamen tersebut. Salah satu yang menonjol adalah bagaimana Euro kali ini didominasi oleh para barisan gelandang. Nama-nama seperti Steven Gerrard, Mesut Ozil, Andrea Pirlo, Xavi Hernandez atau Andres Iniesta seringkali menjadi headline berbagai media cetak dan elektronik. Namun, meskipun Euro kali ini lebih banyak menyoroti kinerja para gelandang, bukan berarti para penyerang yang tampil selama Euro ini hanya adem ayem saja.

Banyak bintang-bintang penyerang baru mulai bermunculan. Para penyerang veteran pun tak lupa untuk unjuk gigi. Siapa sajakah penyerang-penyerang yang mampu bersinar selama pergelaran Euro Polandia dan Ukraina ini? Siapakah yang terbaik diantara mereka? Berikut ulasannya:

5.Cesc Fabregas

Posisi asli pemain ini memang bukan seorang striker, namun, khusus untuk ajang Euro kali ini, Vicente Del Bosque memasangnya sebagai striker hantu. Spanyol memang tak menggunakan seorang striker murni selama euro ini. Fabregas cukup berhasil menjalankan perannya sebagai striker hantu tersebut.

Dia mencetak gol pertama Spanyol di turnamen tersebut di laga pembuka melawan Italia. Saat melawan Portugal, penaltinya membawa Spanyol lolos ke babak final. Di parta final, Fabregas juga tampil cukup impresif. Gol pertama Spanyol yang dicetak David Silva berasal dari assistnya.

 Nampaknya aksi-aksi Fabregas masih akan berlanjut hingga Piala Dunia 2014 mendatang yang akan berlangsung di Brasil.

4.Mario Gomez

Striker Bayern Muenchen ini mengoleksi tiga gol di Euro 2012. Semuanya dicetak di babak penyisihan grup. Seandainya Joachim Loew terus memasangnya setelah babak penyisihan usai, mungkin Gomez akan mampu menambah pundi-pundi golnya.

Ajang Euro kali ini memang kurang bersahabat bagi para striker. Tak banyak gol-gol yang terukir dari kaki mereka. Tak ada striker yang mampu berpesta gol di turnamen ini. Hal yang sama juga terjadi di tim Jerman, namun tetap saja, kehadiran seorang penyerang di lini depan selalu mampu memberikan ancaman terhadap gawang lawan. Gomez adalah salah satunya. Pergerakan-pergerakannya selalu mampu menciptakan prahara di lini belakang lawan.

Gomez sepertinya masih akan menempati posisi striker utama Der Panzer hingga Piala Dunia 2014 mendatang, mengingat usia Miroslav Klose yang saat ini telah menginjak 32 tahun. Kemampuan mencetak golnya akan sangat dibutuhkan Jerman untuk membombardir gawang lawan.

3.Fernando Torres

Penghargaan Golden Boot berhasil disabet striker Chelsea ini. Torres mencetak tiga gol dan sebuah assist selama pergelaran Euro ini. Salah satu golnya dicetak di partai final melawan Italia. Begitu juga dengan assistnya, yang berbuah gol ke empat bagi timnnya. Dua gol lainnya dicetak saat babak penyisihan melawan Irlandia.

Golnya di partai final tersebut mencatatkan namanya sebagai striker yang selalu mampu mencetak gol di dua partai final Euro.

Torres saat ini memang bukan lagi menjadi pilihan pertama bagi pelatih Vicente Del Bosque untuk menempati posisi ujung tombak, namun, seiring dengan pulihnya kemampuan finishingnya, tak akan butuh waktu lama bagi Torres untuk menempati kembali posisi tersebut.

2.Cristiano Ronaldo

Sama seperti Cesc Fabregas, Cristiano Ronaldo sebenarnya bukanlah seorang tukang gedor murni. CR7 adalah seorang winger. Namun, dengan skill dan daya serang yang luar biasa, Ronaldo dapat menempati posisi manapun di lini depan tim yang dibelanya. Posisi sayap kanan, sayap kiri, trequartista, maupun posisi striker dapat dijalankannya dengan apik.

Perjalanannya selama Euro kali ini cukup apik. Ronaldo mampu melesakkan tiga gol bagi Portugal dan memimpin rekan-rekannya hingga partai semifinal sebelum ditaklukkan oleh Spanyol.

Sayang, di laga semifinal ini, Ronaldo tak mampu berbuat banyak bagi timnya. Jika saja tembakannya di menit-menit akhir waktu normal pertandingan tak dieksekusinya dengan terburu-buru, Portugal mungkin akan melangkah ke babak final.

Euro kali ini memberi pelajaran berharga kepada Cristiano Ronaldo. Dia dan timnya akan belajar dari pengalaman tersebut dan akan tampil lebih solid di even-even berikutnya.

1.Mario Balotelli

Striker kontroversial ini mempu tampil apik selama Euro 2012. banyak yang menyangka, atau berharap bahwa dirinya akan berulah selama turnamen tersebut, namun yang terjadi adalah sebaliknya.

Walaupun hanya tiga gol, namun semua golnya berkelas! Pemain biasa tak akan mudah meniru gol yang dicetak oleh Balotelli. Tidak akan ada yang menyangka bahwa Balotelli akan mencetak gol dari posisinya yang sulit ketika melawan Irlandia. John O'Shea yang menempelnya dengan ketat put tak dapat mencegah Balotelli berakrobat. Lalu saat melawan Jerman, Balotelli mampu mencetak gol melalui sundulan kepalanya. Patut diingat bahwa bek-bek Jerman terkenal tangguh di udara. Lalu gol keduanya di pertandingan tersebut juga luar biasa. Tembakan kerasnya tak mampu dibendung Manuel Neuer. Namun sayang, ketika bersua Spanyol di partai final, Balotelli tak mampu berbuat banyak akibat dikawal ketat oleh Ramos dan Pique.

Namun, secara keseluruhan, turnamen ini berjalan baik baginya. Aksi-aksinya di lapangan hijau cukup menghibur kita semua, walaupun kita sebenarnya juga mengharapkan hiburan-hiburannya yang lain di luar lapangan hijau. Usianya masih 21 tahun. Super Mario masih dapat terus mengembangkan skillnya. Dengan bimbingan yang tepat oleh para pelatihnya, baik di klub maupun timnas, Super Mario akan menjadi striker yang mematikan di depan gawang lawan. Dia akan menjadi legenda Italia yang baru. (bola/bola)


MARIO BALOTELLI: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA