Parade Wonderkid Dari Meksiko

10-12-2010 15:01

 | Javier Hernandez

Bola.net - Oleh: Huda Fitri Amalia
Meksiko dengan segala potensial sumber daya manusianya memang terkenal sebagai salah satu negara pencetak pemain sepak bola internasional berbakat. Dengan populasi 111 juta penduduk yang mencintai sepak bola, maka tidaklah mengherankan jika Piala Konfederasi dapat diraih pada tahun 1999 yang juga merupakan pencapaian terbaik bagi Meksiko.

Memang prestasi yang diukir tidak secemerlang Brazil ataupun Argentina. Sejauh ini, Mexico telah mencatat empat belas kali tampil dalam putaran final Piala Dunia dan telah mengikuti berbagai turnamen sepak bola sejak 1986. Selain itu, Mexico juga pernah berhasil melenggang ke babak perdelapan final sebagai tuan rumah pada tahun 1970 dan 1986.

Walaupun sejauh ini belum ada kejutan mencengangkan yang diukir oleh timnas Meksiko, namun skuad tim nasional mulai menunjukkan tajinya di bawah kepemimpinan Jose Manuel de la Torre. Mengapa demikian?

Jawabannya berada di kelahiran bintang-bintang baru yang menjanjikan. Beberapa pemain muda berbakat menjadi salah satu jaminan bagi timnas Meksiko untuk menjadi timnas yang patut diwaspadai. Bintang muda seperti Javier Hernandez yang telah memberikan kontribusi besar bagi Manchester United dan Carlos Vela yang menjadi andalan Arsenal menunjukkan betapa Meksiko merupakan salah satu negara pencetak pemain sepak bola bertalenta.

Bukan hanya Javier Hernandez dan Carlos Vela yang bisa menjadi andalan timnas Meksiko, masih terdapat beberapa bintang yang diprediksikan dapat menjadi aset penting bagi timnas Meksiko. Berikut daftar pemain muda berbakat Meksiko:


Javier Hernandez(c) AFP

1. Javier Hernandez
Hernandez yang dikenal dengan nama panggilan Chicharito, tidak dapat dipungkiri lagi telah memberi kontribusi bernilai bagi Manchester United sejak resmi bergabung pada musim panas. Hernandez pindah dari klub terdahulunya, Chivas Guadalajara. Pemuda berusia dua puluh dua tahun ini memang telah diakui memiliki bakat alami sebagai striker.

20 kali bertanding dalam liga internasional dengan mencetak 11 gol sangat cukup membuktikan tajinya sebagai seorang striker. Walaupun beberapa pengamat menilai dia memiliki kekurangan dalam kecepatan dan kekuatan yang menjadi kiteria wajib seorang striker di Liga Premier, Hernandez tidak pernah patah arang dengan terus meningkatkan performanya. Ia terus mengasah pergerakan dan antisipasinya demi menjawab tantangan Sir Alex untuk terus mencetak gol.

Hernandez juga telah resmi bergabung dengan timnas Meksiko dengan rasio satu gol di setiap dua pertandingan, termasuk pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan melawan Prancis dan gol menakjubkan saat melawan Argentina. Maka tidaklah berlebihan jika Hernandez saat ini diharapkan dapat membawa Meksiko menjadi juara.


Carlos Vela (c) AFP

2. Carlos Vela
Tak banyak orang mengira bahwa Carlos Vela ternyata masih berumur 21 tahun, umur yang dianggap terlalu muda untuk seorang Carlos Vela yang telah mampu menampilkan performa menakjubkan sebagai seorang penyerang. Ia telah dikontrak oleh Arsenal sejak berumur 16 tahun. Memang pada awal debutnya Carlos Vela belum dipercaya untuk menjadi bagian tim utama Arsenal; namun dengan seiring berjalannya waktu, Vela berhasil menunjukkan betapa ia sangat berbakat.

Ia adalah penyerang paket lengkap dengan kontrol bola yang baik dan pergerakan yang memukau. Walaupun ia berada dalam masa produktif dalam mencetak gol terbukti dengan dua gol yang dilesakkan ke gawang Shakhtar Donetsk dan satu gol ke gawang Boston, ia masih saja belum diberi kepercayaan penuh untuk menjadi tim utama Arsenal.

Namun jika berbicara pengalaman pertandingan internasional, bintang muda dengan tinggi badan 175 cm ini sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut. Terhitung dengan 33 penampilan bersama Meksiko dan akan terus bertambah.


Giovanni Dos Santos (c) getty

3. Giovanni Dos Santos
Dos Santos adalah pemain kelahiran Meksiko lain yang memutuskan bermain di Liga Premier Inggris. Walaupun ia dinilai belum terlalu berpengaruh di Tottenham Hotspur sejak kepindahannya dua tahun lalu dari Barcelona dengan nilai transfer 4,6 juta poundsterling. Dos Santos akhirnya dipinjamkan ke klub Ipswich Town pada putaran kedua musim 2008/2009 dan Galatasaray pada musim lalu.

Alih-alih kegagalannya dalam memberikan kontribusi besar kepada Tottenham Spurs, pemain berusia 21 tahun ini merupakan salah satu pemain terbaik Meksiko pada Piala Dunia dan juga salah satu penyerang tengah impresif di setiap turnamen.

Dos Santos memiliki kelebihan pada teknik bermain, kecepatan dan kemampuannya untuk memainkan bola dalam mengecoh lawan. Dos Santos tentu saja akan menjadi ancaman bagi punggawa pertahanan lawan sekaligus menjadi pasangan tepat bagi Hernandez dan Vela.


Andres Guardado (c) getty

4. Andres Guardado
Guardado, pemain kelahiran Meksiko berusia 24 tahun ini mulai bermain untuk Deportivo sejak 3 tahun lalu dan menjadi pemain Meksiko termahal sepanjang sejarah. Sejak saat itu, ia terus menjadi pemain utama di Spain Primera Division, membuktikan bahwa ia merupakan pemain yang patut diwaspadai. Kelebihan utama bintang sepak bola ini adalah kecepatan dan ketangkasan yang baik.

Ia juga dinilai memiliki kekuatan fisik yang memadai sehingga dapat mencakup daerah kiri. Memiliki kemampuan dalam melewati pemain lawan, ia juga sering menciptakan ancaman gol-gol cantik dari daerah kiri. Baru-baru ini, ia dikabarkan akan diboyong oleh klub raksasa Inggris, Manchester United setelah penampilan menakjubkan di Piala Dunia lalu.


Marco Fabian (c) getty

5. Marco Fabian
Sama halnya dengan Hernandez dan Vela, Marco Fabian juga merupakan produk dari Chivas Guadalaraja. Walaupun sampai saat ini ia belum memulai debut internasionalnya, tetap selalu ada alasan untuk menjadikan ia sebagai salah satu bagian timnas Meksiko menyusul dua rekannya, Hernandez dan Vela. Kecepatannya yang memukau dan teknik penguasaan bola yang impresif, menjadikan ia pemain yang diperhatikan oleh publik Meksiko.

Kelebihan lain yang ia miliki adalah kemampuan dalam mengontrol dan menguasai bola disertai kecepatan sehingga menyulitkan pemain lawan untuk menahan gempurannya. Fabian sangat membantu Chivas dalam mencapai final Copa Libertadores 2010. Mungkin tidak perlu waktu lama lagi untuk dapat melihat Fabian bermain di sayap kiri timnas Meksiko.


Javier Orozco (c) cruzazul

6. Javier Orozco
Orozco dipercaya beberapa kalangan dapat menjadi pemain sepak bola kelahiran Meksiko yang akan bermain di luar Meksiko. Penyerang muda ini saat ini menjalani musim terbaiknya di Liga Meksiko, dengan berhasil menciptakan 16 gol di 23 pertandingan sejauh ini. Ia juga telah membuktikan keahliannya dalam membantu Cruz Azul di kompetisi benua dan pencetak rekor gol di CONCACAF Champions League.

Setali tiga uang dengan pemain muda berbakat Meksiko lainnya, ia juga memiliki kecepatan yang memukau dan ketajaman insting dalam mencetak gol. Bintang muda ini juga dikagumi karena memiliki pergerakan yang baik dan mampu menguasai bola-bola udara. Walaupun tinggi badannya bisa dibilang tidak terlalu tinggi, ia tetap tidak bisa dipandang sebelah mata dalam mencetak gol dengan sundulan kepala. Pencapaiannya sampai saat ini dipercaya akan dapat terus berkembang seiring dengan kematangan skill dan teknik yang dimiliki. (bola/bola)



Komentar Pembaca (1 komentar)
Andria Gutama, Batam
10:20 06 Juni 2011
Carlos Vela tuh, seharusnya jadi tandem Van Persie dijamin deh lini depan Arsenal makin tajam

ARTIKEL LAINNYA