Prancis Berada Dalam Masalah Besar!

20-06-2012 16:45

 | Karim Benzema

Bola.net -

Menjelang laga terakhir melawan Swedia dini hari tadi, Prancis tampak sangat siap untuk melaju lebih jauh menuju babak berikutnya. Tapi yang terjadi adalah mereka justru dipermak 2-0 oleh Swedia yang sebetulnya sudah tersingkir lebih dulu dari ajang Euro 2012 ini. Beruntung, Inggris memenangkan laga melawan Ukraina sehingga Prancis masih dapat lolos ke babak perempat final. Prancis harus berterima kasih kepada Inggris.


Dalam pertandingan tersebut, para pemain Swedia berhasil mengekspos kelemahan barisan belakang tim Les Bleus. Barisan bek Prancis tampil sangat buruk. Kedepannya, para bek ini harus tampil lebih baik jika tidak ingin tersingkir lebih awal dari Euro Polandia-Ukraina ini.

Masalah lain yang tak kalah seriusnya adalah kurangnya kualitas serangan-serangan Prancis. Swedia seperti tidak mengalami kesulitan dalam meredam gempuran-gempuran Prancis yang dimotori Karim Benzema dan Franck Ribery.

Buruknya serangan tim Prancis dapat dilihat dari catatan statistik mereka. Prancis hanya mampu melepaskan total 10 tendangan ke arah gawang Swedia. Padahal persentase penguasaan bola mereka sangat tinggi, yaitu 57 persen!

Kekalahan ini sekaligus mengakhiri rekor 23 pertandingan tanpa terkalahkan tim Les Bleus. Saat ini, level kepercayaan diri para punggawa Prancis sedang berada di titik yang rendah. Hal ini tercermin dari komentar sang pelatih, Laurent Blanc, sesaat setelah pertandingan berakhir.

"Kami menampilkan permainan yang terlalu biasa-biasa saja saat menghadapi partai yang ingin kami menangkan. Tim Swedia bermain sepenuh hati, dan jelas mereka mempersiapkan diri mereka dengan lebih baik daripada kami," ucap Blanc.

"Jika anda memperhatikan pertandingan itu, anda bisa melihat bahwa kami mengalami kesulitan sepanjang pertandingan tersebut. Jika berharap bisa mengalahkan spanyol, kita harus memiliki optimisme yang tinggi, tapi, saat ini memang sulit untuk membayangkan bahwa hal itu bisa terjadi."

Bertanding melawan Spanyol, Prancis memiliki kekuatan yang merata di setiap lininya. Serangan-serangan mereka akan datang silih berganti. Prancis akan terkubur hidup-hidup jika mereka masih mengulangi permainan mereka seperti saat menghadapi Swedia. Pembenahan serius perlu segera dilakukan sang pelatih jika tak ingin babak belur dihajar tim Matador. Tim Prancis hanya mempunyai waktu empat hari untuk memperbaiki segala kekurangan-kekurangan mereka. (kpl/bola)


KARIM BENZEMA: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA