Ronaldo Kandaskan Belanda

18-06-2012 13:28

 | Cristiano Ronaldo

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi


Portugal belum berubah. Mereka masih tim yang bermain dengan mengandalkan satu orang saja. Tapi, jika orang yang diandalkan itu adalah Cristiano Ronaldo, dan dia mampu bermain terus menerus seperti ketika melawan Belanda semalam, maka Portugal mungkin akan dapat berbicara banyak di turnamen kali ini.

Bintang Real Madrid tersebut menampilkan penampilan yang berkelas dalam partai penentuan grup B semalam. Dua gol berhasil dicetaknya, dan seharusnya masih bisa mencetak empat gol lagi.

Ronaldo bermain total. Dia berada di setiap sisi jengkal lapangan dan mampu mendikte jalannya permainan, persis seperti yang dia lakukan saat membela Madrid. Penampilannya semalam benar-benar berbeda dari yang ditunjukkannya saat melawan Jerman maupun Denmark.

Mungkin, segala berita yang mengkritik penampilannya memang dibutuhkan oleh Ronaldo. Dia terprovokasi, dan hasilnya telah kita lihat semalam. Melalui kepemimpinannya, dia membawa Portugal menyingkirkan Belanda dan memastikan satu tempat di babak perempat final untuk menghadapi Republik Ceko.

Banyak orang yang memprediksi bahwa pasukan arahan pelatih Paulo Bento ini akan pulang lebih awal dari turnamen Euro 2012, namun sekarang semuanya berbalik. Bahkan sebagian orang memfavoritkan Portugal melaju hingga partai semifinal. Jika sang bintang mampu tampil konsisten seperti saat melawan Belanda, tidak mustahil bagi Portugal untuk memenangkan Euro kali ini.

Semantara itu, harapan Belanda untuk mengulang sukses tahun 1988 berakhir tragis. Tim ini merupakan tim yang diunggulkan. Banyak orang yang memprediksi bahwa mereka akan mampu mengulang sukses mereka ketika mencapai babak final Piala Dunia 2010 yang lalu. Namun, yang terjadi kali ini adalah bencana. Terburuk dari semua turnamen yang pernah mereka ikuti.

Penampilan pasukan arahan pelatih Bert Van Marwijk ini tidak seperti yang diharapkan. Tidak ada kolektivitas permainan yang muncul. Tidak ada gaya Total Football yang menjadi ciri khas tim ini. Semua kekalahan itu memang layak mereka dapatkan. Satu-satunya gelar yang akan mereka perebutkan adalah gelar Tim Terburuk Euro 2012, bersaing bersama tim Irlandia.

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi dengan tim Belanda ini? Apa yang salah dari tim ini?

Tim ini lolos dari babak kualifikasi dengan mulus. Mereka mencetak banyak gol dan barisan depannya dianggap sebagai barisan depan paling yahud diantara semua kontestan Euro kali ini. Namun, begitu babak final turnamen dimulai, yang terjadi justru sebaliknya. Mereka paceklik gol.

Pertahanan Belanda terlalu banyak memberikan ruang bebas bagi para pemain lawan. Tim Jerman mampu dengan mudah mengobrak-abrik pertahanan tim ini. Tim Portugal pun mendapatkan setidaknya 5 kesempatan emas untuk mencetak gol. Parahnya, pemain sekelas Ronaldo pun tak dijaga dengan ketat!

Lini depan pun setali tiga uang. Robin van Persie memang mampu mencetak satu gol saat melawan Jerman, tapi, dia melewatkan banyak peluang emas untuk mencetak gol ketika melawan Denmark. Banyak peluang yang terbuang sia-sia dari kaki pemain Arsenal ini. Saat melawan Portugal justru lebih parah. Dia nyaris seperti tak terlihat dalam pertandingan semalam.

Selain itu masih ada Arjen Robben yang juga sama-sama tak berkutik di Euro kali ini. Pemain Bayern Muenchen ini memang mampu menahan bola bagi timnya, tapi sayang, banyak umpan-umpannya yang sering salah sasaran, dan dia juga terlalu sering mendribel bola sendiri.

Sang pelatih memang akhirnya memberi kesempatan tampil bagi Huntelaar saat melawan Portugal, tapi tetap saja itu tak mampu mengangkat performa tim Belanda. Penampilan tim Belanda malah tampak tak sekompak seperti 2 pertandingan sebelumnya.

Suara-suara yang meminta agar sang pelatih dipecat tampaknya akan gencar disuarakan. Harapan Van Marwijk untuk selamat hanyalah pada hasil yang diraih timnya saat Piala Dunia yang lalu.

Jika kritik akan menunggu tim Belanda sesampainya mereka di tanah airnya, hal sebaliknya justru terjadi pada Portugal. Doa dan harapan mulai bermunculan agar mereka mampu merebut trofi juara turnamen tahun ini, dan mengobati rasa luka ketika 8 tahun yang lalu impian mereka sirna saat dihantam Yunani di partai final Euro 2004.

Agar impian itu tercapai, Ronaldo harus mampu tampil luar biasa. Tampil layaknya Maradona ketika ia memimpin rekan-rekannya di tim Argentina menjuarai Piala Dunia 1986. (kpl/bola)

Tag euro 2012

CRISTIANO RONALDO: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA