Swedia Tak Ingin Bernasib Sama Seperti Belanda dan Irlandia

19-06-2012 19:36

 | Johan Elmander

Bola.net - Oleh: Indra Pramana


Sudah ada 2 negara dari 2 grup di Euro 2012 yang pada pagelaran kali ini harus tertunduk sedih karena hasil kekalahan 3 kali berturut-turut yang mereka derita, ditambah lagi kekecewaan penggemar yang jauh-jauh datang untuk mendukung tim kesayangan ternyata harus berada di posisi dasar klasemen.

Tersingkirnya Belanda di Euro sangat mengejutkan banyak pihak terutama di kubu mereka sendiri, diunggulkan untuk dapat maju ke babak selanjutnya bahkan hingga final ternyata kenyataan yang akhirnya berbicara lain kepada finalis Piala Dunia 2010 ini.

Negara yang juga mengikuti jejak Belanda yaitu Republik Irlandia, hasil ini nampaknya sesuai dengan prediksi-prediksi pakar olahraga sepakbola, jalan terjal yang harus mereka tempuh di babak kualifikasi dengan kekuatan pemain yang sudah melewati batas usia emas ditambah pemain muda yang belum berpengalaman merupakan cerminan kuat jika Irlandia ternyata tidak mampu berbicara banyak pada perhelatan Euro 2012 ini.

Pertandingan grup terakhir nanti malam memang tidak akan mampu menunda Swedia untuk segera memesan Tiket Pesawat']);" href="http://www.merdeka.com/tiket-pesawat/" class="bluelink" target="_blank">tiket pesawat pulang. Namun itu adalah satu sebab penting yang akan membuat mereka bermain lebih lepas ketika menghadapi Prancis.

Bintang Swedia Zlatan Ibrahimovic sendiri telah menegaskan negaranya telah menargetkan kemenangan di pertandingan terakhir mereka di Euro kali ini, Swedia tidak ingin masuk dalam catatan buruk Euro 2012 bersama Belanda dan Irlandia sebagai negara yang sama sekali tidak mampu meraih poin. Swedia nanti akan bermain demi harga diri, bermain demi 3 poin yang akan mereka bawa pulang ke negaranya, dan bermain demi pendukung yang telah datang ke Euro.


Ibra tak ingin lagi meninggalkan lapangan dengan kepala tertunduk

Namun masalah kembali datang menghampiri persiapan Swedia menjelang laga terakhirnya di Euro. Bomber Johan Elmander yang baru sembuh dari cedera tampaknya tidak akan diturunkan setelah ada 'instruksi' dari klub pemilik sang pemain, Galatasaray  yang berharap pemainnya tersebut diberi waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan cederanya.

Kekuatan utama Swedia masih tetap bergantung pada diri Zlatan Ibrahimovic, bagaimana tidak jika melihat sepak terjangnya di klub AC Milan yang menghantarkannya sebagai pencetak gol terbanyak dan Ibra adalah satu-satunya pemain Swedia yang mampu memberikan gol kepada negaranya dibanding penyerang-penyerang lain yang mereka miliki

Jika Ibra hampir pasti diturunkan, maka siapakan yang paling pantas mendampinginya di depan?. ika memang Markus Rosenberg atau Ola Toivonen yang akan turun, para pendukung sebaiknya lebih berharap saatnya pemain-pemain muda turun untuk dapat merasakan pengalaman bagaimana bermain di event terbesar eropa. Swedia dapat memilih, harga diri yang hanya bertahan di bawah bayang-bayang kenyataan tidak lolos, atau kesempatan pemain muda belajar dan Swedia tetap tidak lolos. (kpl/bola)

JOHAN ELMANDER: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA