United Mulai Pertimbangkan Pengganti Fergie

08-04-2012 07:30

 | Alex Ferguson

Siapa yang pantas menggantikan Fergie? (c) AFP
Siapa yang pantas menggantikan Fergie? (c) AFP

Bola.net - Beberapa bulan terakhir Sir Alex Ferguson sudah mulai membicarakan siapa pelatih yang pantas menggantikan dirinya di Old Trafford. Dia Pernah menyatakan bahwa Ryan Giggs mungkin bisa menjadi penggantinya kelak.

Di inggris, mungkin tak ada kursi kepelatihan yang lebih aman daripada yang kini diduduki Fergie. Bersama Manchester United, Fergie berhasil meraih predikat sebagai pelatih paling sukses di era sepakbola modern.

Banyak pelatih kelas kakap yang diisukan akan menjadi suksesor pelatih asal Skotlandia ini. Jose Mourinho, Josep Guardiola, David Moyes, dan Martin O'Neill adalah beberapa diantaranya.

Lalu ada juga Ole Gunnar Solksjaer yang sukses mengantarkan Molde menjuarai liga Skotlandia di musim pertamanya. Tapi kini semua mata tertuju pada Mark Hughes yang kini menangani QPR.

Hughes memiliki CV mengkilap dan telah melatih tim-tim Liga Premier Inggris seperti Blackburn Rovers, Manchester City, Fulham, dan sekarang QPR. Lawatan Hughes ke Old Trafford besok dikabarkan akan menjadi 'ujian' bagi Hughes mengenai kepantasannya menangani The Red Devils setelah era Fergie berakhir.

Jika Hughes mampu meraih hasil positif di laga penting itu, dewan direksi United tentu akan terkesan. Terlebih, Hughes adalah mantan pilar United di masa lalu.

Tapi ada satu nama penting yang mungkin bisa mengejutkan; Michael Owen. Owen pernah menjadi pemain terbaik Eropa pada 2001, pernah bermain untuk klub-klub hebat, dan berada di posisi 4 top skorer Inggris sepanjang masa.

Meski Owen menyatakan bahwa dia ingin bermain beberapa musim lagi, dia tidak menampik ketertarikannya terhadap karir kepelatihan. Lagipula, karirnya sebagai pemain tidak berjalan mulus beberapa tahun belakangan.

Fergie mungkin memang tidak akan lengser musim ini, tapi tentu penggantinya harus dipilih dengan hati-hati. Warisan besar yang akan ditinggalkan Fergie bisa jadi terbengkalai jika ditangani oleh pelatih yang salah. (bola/bola)


ALEX FERGUSON: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA