56 Tim Tampil di Divisi 1 PSSI Versi KPSI

29-03-2012 09:37
56 Tim Tampil di Divisi 1 PSSI Versi KPSI
Syauqi Suratno dalam peluncuran Divisi Satu bersama kostum yang akandipakai para tim kontestan © Bola-Esa

Bola.net - Sebanyak 56 tim segera tampil mengikuti kompetisi kompetisi Divisi I musim 2012/2013 PSSI-KPSI, yang menggunakan home tournament dan sistem setengah kompetisi.

Kompetisi amatir tersebut akan dibuka secara nasional di Tulungagung, Jawa Timur, 31 Maret, di mana akan digelar babak penyisihan Grup VII yang dihuni oleh tuan rumah Perseta Tulungagung, PSID Jombang, Persenga Nganjuk, dan Persedikab Kabupaten Kediri.

CEO Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) Syauqi Suratno menjelaskan, sebenarnya pihaknya menyediakan slot 66 klub untuk mengikuti kompetisi Divisi I Liga Indonesia 2012. Namun, sampai batas akhir pendaftaran, hanya 56 klub yang mendaftar. Jumlah itu dinilai sudah lebih dari cukup, karena sudah mewakili seluruh Indonesia.

“Sesuai dengan amanat dari PSSI yang tertuang dalam PO (peraturan organisasi), maka kami wajib menggulirkan kompetisi Divisi I. Pasalnya, kompetisi yang menjadi jembatan akhir klub sebelum menuju level profesional, juga akan menentukan klub yang akan promosi ke jenjang profesional. Apalagi, kompetisi Divisi Utama juga sudah bergulir,” papar Syauqi yang didampingi Acting Sekjen PSSI, Tigor Shalom Boboy.

Menurut Syauqi, 56 tim tersebut dibagi dalam 12 grup. Masing-masing grup ada yang terdiri dari empat klub sampai enam klub. Itu juga telah sesuai dengan PO kompetisi Divisi I.

Pada hari pertama, 31 Maret, selain di Tulungangung, juga digelar pertandingan di dua grup lainnya yaitu Grup VI di Blora yang dihuni oleh Persikaba Blora, Persipur Purwodadi, Persipa Pati, dan PSISRA Sragen, serta Grup II di Kisaran, Asahan, Sumatera Utara.

Grup II ini dihuni tuan rumah PSSA Asahan, Medina Medan Jaya, Poslab Labuhan Batu, PSSD Dairi, PSTS Tanjung Balai, dan PSDS Deli Serdang. Untuk grup-grup lainnya kompetisi mulai bergulir antara 8 April – 15 April.

Menurut Syauqi, BLAI benar-benar sangat komunikatif sejak melakukan sosialisasi pendaftaran Januari lalu. Sejak itu, BLAI selalu menjalani komunikasi dengan klub-klub yang terdaftar sebagai anggota Divisi I, baik melalui telepon maupun pesan singkat.

Terakhir, BLAI mengirimkan formulir pendaftaran dan klub wajib mengembalikan beserta kesiapan mereka untuk mengikuti kompetisi.

“Kami selalu mengingatkan mereka sejak manager meeting di Golden Boutique Hotel. Setelah itu, kami kembali mengingatkan mereka juga Pengprov masing-masing klub saat Kongres di Swissbel Hotel. Terakhir di Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Mercure. Artinya, klub-klub ini memang sudah siap berlaga,” jelas Syauqi.

Terkait sponsor dan pendanaan, lanjut Syauqi, pelaksanaan kompetisi semua dibiayai BLAI, termasuk biaya perangkat pertandingan. Namun, BLAI juga tetap memberikan peluang klub mencari sponsor sendiri.

“Klub bebas mencari sponsor. Mereka hanya wajib melaporkan nama sponsor itu. BLAI sama sekali tidak meminta bagian dari sponsor yang didapat klub,” tandas Syauqi.

Sementara itu, Acting Sekjen PSSI Tigor Shalom Boboy mengatakan, pelaksanaan kompetisi merupakan program kerja yang telah diputuskan dalam Kongres Luar Biasa (KLB). Selain itu, kompetisi ini memang wajib digelar sesuai PO PSSI.

“Kompetisi amatir tidak bisa dilepaskan begitu saja. Apalagi Divisi I adalah jenjang terakhir klub sebelum masuk level profesional. Sinergi inilah yang harus berjalan dengan baik, sehingga pembinaan di PSSI juga berjalan dengan baik,” tandas Tigor.

Pembagian Grup Kompetisi Divisi I Liga Indonesia 2012.

Grup I : Persass Sabang, Aceh Utara FC, PSAB Aceh Besar, Pidie Jaya, Persal Aceh Selatan, Persidi Idi

Grup II : PSSA Asahan, Medina Medan Jaya, Poslab Labuhan Batu, PSSD Dairi, PSTS Tanjung Balai, PSDS Deli Serdang.

Grup III: PS Bungo, Persisko Bangko, PSPP Padang Panjang, Persiju Sijunjung, PS Pasaman Barat, Persis Solok.

Grup IV : Jakarta Timur FC, PSBL Bandar Lampung, Persista Sintang, Persibabar Bangka Barat, PS Bangka.

Grup V : Persibas Banyumas, Persikap Kota Pekalongan, PSISra Sragen, Persitas Kab Tasikmalaya, Persikad Kota Depok.

Grup VI: Persikaba Blora, Persipur Purwodadi, Persipa Pati, PSISa Salatiga.

Grup VII: Perseta Tulungagung, PSID Jombang, Persenga Nganjuk, Persedikab Kab Kediri.

Grup VIII: Perseba Bangkalan, Persida Sidoarjo, Persekap Kota Pasuruan, Persisum Sumbawa.

Grup IX: Persikabpas Pasuruan, Persebo Bondowoso, Persikapro Probolinggo, Protaba Bantul.

Grup X: Penajam Pasir Utara, Persipas Paser, PS Kabupaten Tapin, Persehan Marabahan.

Grup XI: PSKT Tomohon, Persipal Palu, Persewar Waropen, Yahukimo FC.

Grup XII: Persifa Fak Fak, Perseka Kaimana, Pesigubin Gn Bintang, Persipan Paniai. (esa/end)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bola Indonesia

- - -