ISL Review: Persija Jakarta Gagal Tembus Tiga Besar

02-05-2012 17:32

 | Ismed Sofyan



ISL Review: Persija Jakarta Gagal Tembus Tiga Besar
Jeong Kwang Sik gagal atasi Persela Lamongan Bola-Esa

Bola.net - Persija Jakarta gagal meraih kemenangan pada laga lanjutan Indonesia Super League melawan Persela Lamongan. Kedua tim bermain sama kuat dengan skor akhir 1-1 berkat gol yang dicetak oleh Oh In-Kyun pada menit 70 dan dibalas Fabiano Beltrame pada menit 76.

Persija Jakarta yang berambisi meraih tiga poin untuk mengatrol posisi mereka di klasemen menurunkan skuad terbaiknya. Sementara Persela datang juga dengan kepercayaan diri tinggi setelah berhasil meraih hasil positif pada laga sebelumnya.

Persija langsung mencoba menggebrak pada menit-menit awal pertandingan dimotori oleh Robertino Pugliara. Namun justru Persela yang bermain lebih efektif dalam membangun serangan.

Peluang pertama datang dari anak-anak Lamongan. Menit 10 umpan tarik Taufiq Kasrun dari sisi kanan nyaris saja berbuah gol seandainya Gustavo Lopez tidak terlambat menyongsong bola tersebut. Satu menit kemudian giliran Persija yang mampu membahayakan gawang Persela, beruntung Khoirul Huda dengan sigap mengamankan sundulan Fabiano Beltrame.

Persela terus mencoba untuk membongkar pertahanan Persija. Gustavo Lopez yang menjadi motor serangan benar-benar mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Berulangkali pergerakan Lopez mampu merepotkan pertahanan Persija yang dikomandoi Precious dan Fabiano.

Menit 29 Gustavo Lopez hampir saja membuka skor. Menerima sodoran Mario Costas dari dalam kotak penalti. Tendangan Lopez menghujam deras ke gawang Galih Sudaryono, namun sayang tendangannya tersebut hanya membentur mistar gawang Persija Jakarta.

Sementara Persija berhasil membuat peluang melalui gelandang baru mereka asal Korea Selatan, Jeong Kwang Sik. Yang pertama pada menit 36, tendangannya masih melebar meskipun telah berhasil mengecoh dua pemain belakang Persija. Dan yang kedua pada menit 44 saat tendangan kerasnya masih mampu dihalau oleh Khoirul Huda.

Kedua tim sama-sama terus berusaha meningkatkan tempo permainan. Namun hingga babak pertama usai skor imbang tanpa gol menjadi penutup pertandingan babak pertama tersebut.

Memasuki babak kedua, Persija langsung mengejutkan pertahanan Persela Lamongan. Lagi-lagi Jeong Kwang Sik yang berhasil lepas dari kawalan pemain belakang Persela mampu melepaskan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti. Beruntung Khoirul Huda mampu membaca arah datangnya bola dan dengan sigap mengamankannya.

Persela tak mau ketinggalan menciptakan peluang. Melalui tendangan spekulasi yang dilepaskan oleh Irsyad Aras pada menit 50 hanya berada tipis diatas mistar gawang Galih Sudaryono.

Upaya Persela akhirnya menemui sasaran. Berawal dari sebuah serangan yang tertata dengan rapi. Taufiq Kasrun mampu mengirim umpan tarik ke dalam kotak penalti, lepas dari penjagaan barisan pertahanan Persela, Oh In-Kyun berhasil dengan mulus menceploskan bola ke gawang Galih. 0-1 untuk keunggulan tim tamu Persela Lamongan.

Persija Jakarta langsung merespons dengan cepat gol tersebut. Seakan ingin menebus kegagalan saat terjadinya gol Persela. Fabiano Beltrame berhasil menyambut umpan tendangan sudut Ismed Sofyan pada menit 76 dengan sebuah tendangan voli yang tak mampu dihalau oleh Khoirul Huda dan menjadikan skor 1-1.

Berhasil menyamakan skor, Persija terus berupaya untuk menambah keunggulan. Upaya Bambang Pamungkas, Jeong Kwan Sik hingga Pedro Javier tidak mampu menembus pertahanan Persela dan sigapnya Khoirul Huda menghalau setiap serangan Persija. Skor 1-1 ini pun bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan hasil tersebut, Persija tetap tertahan di peringkat 4 klasemen gagal menembus tiga besar dengan raihan 35 poin. Sementara Persela berhasil menggeser Persiba Balikpapan di peringkat 5 dengan torehan 33 poin hasil dari 23 pertandingan. (bola/dzi)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bola Indonesia

- - -