Kompetisi ISL Terindikasi Terlibat Pengaturan Skor

12-03-2013 21:35

 | Roy Suryo



Kompetisi ISL Terindikasi Terlibat Pengaturan Skor

Bola.net - Pengaturan skor di pentas sepak bola Indonesia dianggap semakin merajalela. Karena itu, banyak pihak berharap keterlibatan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

Salah satu petinggi Sport Data Group, Michael Pride, mengatakan jika kasus pengaturan skor sudah merasuk di kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Dalam kompetisi yang diputar PT Liga Indonesia (PT LI) tersebut, dinilai terdapat dua pertandingan terindikasi pengaturan skor. Namun, tidak hanya dua pertandingan tersebut saja yang disinyalir terjadi pengaturan skor, tapi masih ada pertandingan lain yang mungkin saja terjadi pengaturan skor di dalamnya.

Menurut Michael Pride, sekali suatu sindikat masuk ke suatu negara, pertandingan yang diatur akan lebih dari satu.

"Sejauh ini, memang baru ada dua pertandingan di ISL. Tapi tidak menutup kemungkinan jika yang lain terlibat. Tapi biasanya, kalau sindikat masuk ke satu negara, pertandingan yang diatur tidak hanya satu atau dua saja," ujar Michael di Jakarta, Selasa (12/3).

Untuk memberantas hal tersebut, Menpora diminta untuk mampu memfasilitasi, khususnya dalam revisi Undang-undang yang ada di Indonesia tentang suap.

"Pemerintah, dalam hal ini Menpora, harusnya bisa mengusulkan revisi UU mengenai suap kepada Kemenkumham," ujar aktifis Save Our Soccer (SOS) Apung Widadi.

Lebih lanjut Apung menjelaskan, setelah ada revisi dari UU, Kepolisian baru bisa membantu untuk memberantas kasus suap yang terjadi.

"PSSI sebagai federasi yang berwenang juga bertanggung jawab untuk menjalankan kode etik yang mereka buat," tuntas Apung. (esa/gia)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.



Lihat Berita Bola Indonesia

- - -