Liga Pendidikan Indonesia Mulai Bergulir November

15-06-2010 20:20


PSSI
PSSI

Bola.net - Liga Pendidikan Indonesia (LPI) yang memperebutkan Piala Presiden akan kembali bergulir pada November 2010 hingga Juli 2011.

Ketua Liga Pendidikan Indonesia, Prof. Toho Cholik Mutohir, di Jakarta, Selasa menyatakan, LPI akan digulirkan untuk kali kedua untuk kompetisi tahun pembinaan 2009/2010.

Menurut dia, kompetisi sepak bola antar pelajar SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi se-Indonesia ini direncanakan kembali bergulir serentak pada bulan November 2010.

"Kami akan terus melakukan sinergis untuk pelaksanaan lebih baik lagi pada kompetisi musim mendatang," katanya.

Kepanitiaan Nasional Liga Pendidikan Indonesia merupakan kerjasama Kemenpora, Kemendiknas, dan PSSI untuk rancangan program persiapan bagi pelaksanaan liga musim kompetisi 2010/2011.

"Selain evaluasi, saat ini kita tengah melakukan penyesuaian program guna meningkatkan mutu kompetisi Liga Pendidikan Indonesia berikutnya," katanya.

Ia berharap, Pemprov dan Pemkab setempat dapat terus mendukung dan berpartisipasi dalam setiap penyelenggaraan Liga Pendidikan Indonesia.

Toho juga menyampaikan agar masyarakat pecinta sepakbola Indonesia dapat turut serta mendukung ajang pembinaan bibit berbakat pesepak bola Indonesia ini.

"Sudah saatnya penggemar sepak bola Indonesia memperhatikan pembinaan seperti ini. Kami akan senang sekali jika ada pengusaha yang mendukung dan bersedia menjadi sponsor Liga Pendidikan Indonesia," katanya.

Mengenai format pelaksanaan kompetisi Liga Pendidikan Indonesia Piala Presiden Tahun Pembinaan 2010/ 2011, Kepanitiaan Liga Pendidikan Indonesia mengaku akan mempersiapkannya secara matang. Sesuai dengan slogannya `Belajar, Bermain, dan Berprestasi`.

"Pelaksanaan kompetisi Liga Pendidikan Indonesia akan kembali disesuaikan dengan kalender akademik dari Kemendiknas. Diperkirakan pada bulan November nanti, pelaksanaan kompetisi akan kita mulai serentak," katanya.

Ia merinci untuk kompetisi Kabupaten/Kota pada Nopember 2010-April 2011, Tingkat Provinsi pada Mei 2011 dan tingkat nasional yang diikuti 33 provinsi pada Juni/Juli 2011.

Sementara itu, Sekjen PSSI Nugraha Besoes menyambut baik kerjasama ini yang merupakan program pembinaan usia dini. "Kompetisi ini merupakan salah satu dalam program pembinaan usia dini, disamping ada kompetisi di BLAI (Badan Liga Amatir Indonesia) dan BPPUM (Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda)," katanya.

Ia juga mengingatkan perlunya diperhatikan juga kelanjutan dari pemain usia muda, mengingat dari LPI saja ada sekitar 88 ribu pemain.

Sedangkan Rahim Soekasah, Ketua BPPUM PSSI, mengatakan pihaknya akan melakukan seleksi dari pemain LPI untuk dapat masuk timnas U-16.

"Kami sudah memiliki pemain di timnas U-16. Jika ada pemain yang cocok dari hasil seleksi di Palembang pada Juli ini maka pemain itu dapat masuk ke timnas," katanya.

Timnas U-16 sendiri dipersiapkan tampil di ajang AFC U-16 di Uzbekistan pada Oktober 2010. Mereka rencananya akan melakukan uji coba di China (Juli), Yordania (Agustus), dan kejuaraan AFF U-16 di Solo (September).  (ant/row)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.


Komentar Pembaca (78 komentar)
koko bernades, banjarbaru
14:16 26 Agustus 2014
kapan LPI 2012 diselenggarakan di wilayah Banjarmasin & Banjarbaru .
badrudin, smk mathla'ul anwar jati sukadiri kb.tangerang
11:21 10 Juni 2014
tolong inpormasikan ke sekolah kami kapan mulai pendaftaran untuk mengikuti lpi tingkat kb.tangerang di tahun 2014
Yassin al fatah, Wamena
07:59 14 Mei 2014
Sepertinya pemerintah tdk serius melakukan pembinaan olahraga khususnya LPI sebagai ajang pembinaan dan pembangunan karakter bangsa khususnya generasi muda, buktinya informasi ttg LPI sangat minim sehingga kita yg di drh pedalaman sangat kesulitan mengakses perkembangan LPI
arwandi, pangkalpinang
22:54 01 Oktober 2012
dengn semagat dan kerja sama yang baik,saya yakin sma n 3 pangkalpinang pasti juara tahun ini.dan akan memberikan sejarah baru buat sekolah dan kota,karena dulunya sma 3 hanya mendapat juara 4 dan 3.
kami tidak akan mengulangi lagi kesalahan yang lalu.
sma 3 bisa
sma 3 luar biasa
Riomaradolisiregar, PErbaungan
21:12 08 April 2012
SN1per pasti jadi Juara satu di Sumut :)
dengan kerja sama dan kerja keras kunci keberasiLan Untuk meraih JUARa LPi



Lihat Berita Bola Indonesia

- - -