Polrestabes Skors Laga Kandang Persebaya

04-06-2012 12:10


Polrestabes Skors Laga Kandang Persebaya
Kombes Pol Tri Maryanto tak akan memberi ijin sementara laga Persebaya di Surabaya ©Bola-Fajar

Bola.net - Kerusuhan dan Tragedi Tambaksari Minggu (03/6) berbuntut panjang. Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Tri Maryanto menegaskan bahwa semua partai kandang Persebaya Surabaya dalam waktu dekat ini dihentikan untuk sementara waktu.

Kerusuhan kemarin memang bukan antara Bonekmania melawan suporter klub lain. Melainkan dengan pihak keamanan. Bonekmania yang selama Indonesian Premier League (IPL) musim ini tak pernah rusuh, kemarin mereka menghancurkan satu mobil patroli Polrestabes Surabaya.

"Itu bukan untuk keamanan, mereka brutal. Kita cuma mau ngambil spanduk thok Mas," ujar salah satu Bonekmania yang ikut kena hajar pihak keamanan kemarin. "Persebaya kalah lawan Semen Padang, Persiba (bantul) kita juga tak bikin rusuh. Ini keamanannya yang brutal."

Sementara dari pihak kepolisian menegaskan bahwa mereka melepaskan tembakan gas air mata karena lemparan batu yang mengarah ke mereka kian deras. Bukan karena lemparan botol air mineral. "Batu sudah banyak yang mengenai anggota kami. Panpel, Korlap Bonita juga ada yang kena batu," terang Kombes Pol Tri semalam.

Ditanya lebih lanjut ia menegaskan akan menghentikan untuk sementara waktu laga pertandingan Persebaya. Baik IPL ataupun Persebaya Divisi Utama (DU). "Kita skors dulu semua pertandingan Persebaya. Sampai kapan itu belum bisa saya putuskan. Yang pasti, kita akan kumpulkan beberapa Korlap (Koordinator Lapangan) Bonek, Panpel, Persebaya dan lainya untuk mencari titik terang kerusuhan ini," tandasnya.

Laga kandang terdekat Persebaya yang kena skors kemungkinan besar adalah leg kedua Piala Indonesia melawan Persik Kediri yang dijadwalkan berlangsung pada 13 Juni nanti. Sementara di IPL, Persebaya baru akan menjamu tamunya, Persijap Jepara pda 23 Juni nanti.

Sedangkan untuk Persebaya DU, ancaman skors ini relatif tak berimbas pada mereka. Sebab, laga menjamu PSGL Gayo Lues Sabtu (02/6) lalu adalah laga kandang terakhir mereka musim ini. Namun, ancaman skors ini bisa saja menjadi penghambat mereka untuk menggelar Babak Delapan Besar jika mereka menjadi juara Grup 1 nanti. (fjr/end)

BOLAINDO - Walikota Surabaya: Cukup Sudah, Rek! Ini Yang Terakhir 

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bola Indonesia

- - -