'Muamba Mungkin Dilarang Bermain Lagi'

29-03-2012 00:00

 | Fabrice Muamba

'Muamba Mungkin Dilarang Bermain Lagi'
Muamba saat kolaps di tengah lapangan AFP

Bola.net - Perhatian publik dunia tertuju kepada Fabrice Muamba ketika ia kolaps di tengah pertandingan. Kini ia berangsur sembuh namun masa depan karirnya belum menemui kepastian.

Pemain berusia 23 tahun tersebut jatuh pingsan ketika Bolton Wanderers bertanding melawan Tottenham di ajang Piala FA. Kondisinya sempat kritis namun Muamba akhirnya mulai membaik setelah 10 hari. Sayangnya kemungkinan untuk kembali ke dunia sepak bola kian menipis.

Direktur medis dari British Heart Foundation, Peter Weissberg mengaku pesimis tentang kondisi Muamba. Ia merasa tak yakin Muamba dapat kembali bermain di lapangan hijau.

"Tidak mustahil untuk mengatakannya namun saya pikir mungkin dia akan disarankan untuk tidak bermain lagi karena kebanyakan kondisi seperti ini adalah kombinasi dari aktivitas fisik dan kecenderungan untuk menderita gagal jantung."

Kondisi jantung Muamba sendiri sempat mengkhawatirkan ketika para dokter mencoba menolongnya setelah ia kolaps. Jantungnya sempat berhenti berdetak selama 78 menit. Mereka juga harus memberi kejutan listrik terhadap jantungnya sebanyak 15 kali untuk menyelamatkannya.  (joe/Rev)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Inggris

- - -