Formasi Bintang Lima Juventus di Mata Allegri

06-02-2017 09:23

 | Massimiliano Allegri

Formasi Bintang Lima Juventus di Mata Allegri
Massimiliano Allegri © AFP

Bola.net - Massimiliano Allegri melakukan perubahan radikal pada formasi Juventus pada pertengahan bulan Januari lalu. Setelah kalah 1-2 saat bertandang ke Artemio Franchi untuk menghadapi Fiorentina, Allegri memilih membuat perubahan besar.

Allegri menurunkan lima pemain bertipe menyerang sejak awal; Juan Cuadrado, Miralem Pjanic, Paulo Dybala, Mario Mandzukic dan Gonzalo Higuain. Di atas kertas, formasi ini harusnya ultra ofensif dengan tiga penyerang langsung. Formasi ini membuat geger di Italia dan media setempat memberinya label Formasi Bintang Lima.

Pada kenyataannya, Allegri memasang Pjanic sebagai gelandang tengah, Cuadrado sebagai sayap kanan, Dybala sebagai trequartista dan Mandzukic sebagai sayap kiri. Formasi 4-2-3-1 ini ternyata mampu memberikan hasil yang sangat bagus bagi Juventus. Mereka meraih kemenangan empat kali beruntun melawan tim-tim yang relatif bagus seperti Lazio, Sassuolo, AC Milan dan Inter Milan. Namun Allegri mengatakan bahwa yang penting bukanlah formasinya, tetapi mentalitas pemainnya.

"Yang paling penting adalah sikap yang ditunjukkan pemain di atas lapangan, bukan sistemnya. Saya dengar banyak orang membicarakan sistem baru kami. Jika pemain tidak memiliki mentalitas yang tepat, skema apa pun juga tidak akan sukses. Jangan melihat segalanya hanya dari angka (statistik) saja," urai Allegri kepada Sky Sport Italia.

Allegri lalu memberikan pendapatnya mengenai Claudio Marchisio yang sulit kembali masuk ke starting Xi Juve. Allegri memastikan Marchisio akan tetap menjadi pilihan utama jika nantinya sudah kembali ke performa terbaiknya.

"Pada akhir musim nanti, kita akan melihat kemampuan seorang Claudio Marchisio yang sesungguhnya. Jangan lupa bahwa dia harus menjalani recovery dari cedera lutut yang sangat serius." (sky/hsw)

 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Italia

- - -