Kaka, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia 2007 Versi FIFA

18-12-2007 11:58


Bola.net - Playmaker AC Milan Kaka Senin menambah deretan piala dan penghargaan atas prestasinya yang luar biasa ketika ia terpilih sebagai pemain sepak bola terbaik dunia 2007 versi FIFA.

Pemain internasional Brazil berusia 25 tahun itu mengalahkan pemain depan Barcelona Lionel Messi dan pemain sayap Manchester United Cristiano Ronaldo dalam pemungutan suara tahunan untuk memilih pelatih dan kapten tim nasional terbaik.

Kaka masih mengumpulkan lebih banyak poin dibanding jika poin Messi dan poin Ronaldo dijumlahkan, demikian pernyataan FIFA setelah pengumuman tersebut di Zurich.

Ia memperoleh 1.047 suara sementara pemain Argentina Messi memperoleh 504 dan Ronaldo asal Portugal mengoleksi 426 suara.

Striker Chelsea dan pemain timnas Pantai Gading Didier Drogba berada di tempat keempat dengan 209 suara. Playmaker Barcelona dan juga Brazil Ronaldinho, pemenang penghargaan itu pada 2004 dan 2005, berada di urutan kelima.

"Malam ini sungguh sangat spesial bagi saya," ujar Kaka, yang membantu Milan meraih juara ketujuh kalinya dalam Liga Champions Eropa pada Mei lalu dan juga menginspirasi timnya itu dalam kemenangan 4-2 mereka pada pertandingan final Piala Dunia Klub hari Minggu saat mereka menghadapi klub Argentina Boca Juniors.

"Sewaktu kecil saya bermimpi untuk dapat bermain bagi Sao Paulo dan bermain walau hanya satu pertandingan bagi tim nasional. Itulah pemicunya ... Tetapi Alkitab menyatakan Tuhan selalu akan memberi kita lebih dari yang kita minta dan itulah yang terjadi dalam kehidupan saya."

Ballon d`Or

Kaka, seorang penganut Kristen yang taat, menjadi pesepak bola favorit untuk memenangkan penghargaan tersebut setelah sebelumnya meraih penghargaan prestisius Ballon d`Or dari majalah Sepak Bola Perancis (France Football) dan gelar pemain terbaik dunia tahun ini dari majalah Sepak Bola Dunia (World Soccer).

"Saya selalu memikirkan untuk dapat memperoleh penghargaan (FIFA) ini," ujar Kaka. "Tetapi selalu ada keraguan sampai hal tersebut benar-benar dikonfirmasi."

"Ini bukan hanya karena penghargaan ini saja tetapi sepanjang tahun ini memang sangat menyenangkan. Menjadi juara Liga Champions dan segala sesuatu yang telah terjadi, benar-benar sangat luar biasa," tambahnya.

Kaka menerima penghargaan ini dari rekan senior satu negaranya dan pemenang tiga-kali Piala Dunia Pele, yang dirinya juga mendapat penghargaan presiden FIFA atas sumbangsihnya seumur hidup bagi dunia olahraga.

Walaupun Kaka tidak disertakan dalam skuad Brazil yang sukses dalam ajang Copa America pada Juni dan juli lalu, Pele mengatakan keberhasilannya dengan tim nasional telah membantunya menyisihkan para pesaingnya dalam nominasi pemain terbaik itu.

"Cristiano Ronaldo dan Messi telah bermain dengan sangat baik tahun ini tetapi mereka belum menjadi pemain menonjol di tim nasional mereka," kata Pele.

"Kaka telah bermain pada level ini bagi Brazil selama empat tahun hingga kini, ia membantu di lapangan tengah dan ia juga adalah contoh yang sangat baik bagi kehidupan di luar lapangan. Ia benar-benar pemain yang komplit."

Rekan satu negaranya, Marta, kembali menjadi wanita pesepak bola terbaik dunia selama dua tahun berturut-turut dan melengkapi prestasi Brazil dengan menyapu bersih penghargaan terbaik pada gala hari Senin itu. (*/cax)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Italia

- - -