Glasgow Rangers Dihukum Pengurangan 10 Poin

15-02-2012 18:00
Glasgow Rangers Dihukum Pengurangan 10 Poin
Glasgow Rangers © AFP

Bola.net - Juara Liga Skotlandia musim lalu, Glasgow Rangers, tidak akan mampu mempertahankan gelar mereka, ketika mereka mendapat pengurangan sepuluh angka karena masalah administrasi pada Selasa (14/02), ketika klub berusia 140 tahun itu menghadapi masalah keuangan.

Rangers, yang memimpin 15 angka di puncak klasemen Liga Skotlandia di akhir musim lalu, kini membuntuti pemuncak klasemen sekaligus rival abadi, Celtic, dengan selisih 14 angka menyusul hukuman yang dijatuhkan oleh petinggi-petinggi liga.

Mereka kini sedang menunggu keputusan pengadilan yang dapat membuat mereka memiliki hutang sampai 75 juta pounds, ketika mereka harus menghadapi sengketa dengan instansi pajak Inggris, Her Majesty's Revenue and Customs (HMRC), sehingga kerugian keuangan ini benar-benar merupakan kerugian besar bagi raksasa Glasgow ini.

Rangers tetap berada di peringkat kedua klasemen, namun keunggulan mereka terhadap tim peringkat ketiga, Motherwell, kini terpangkas menjadi hanya sembilan poin.

Pemilik Rangers, Craig Whyte, mengeluarkan pernyataan, "Klub tidak ingin ataupun mengantisipasi tindakan hari ini, namun tidak ada pilihan lain."

"Kami berharap bahwa pembicaraan lanjutan dengan HMRC akan berarti bahwa keputusan administrasi tidak akan diambil selama sepuluh hari sementara semua jalan lain terus dieksplorasi."

"Karena struktur biaya, klub telah banyak menderita kerugian selama beberapa bulan. Kewajiban ini dikombinasikan dengan ancaman hasil dari persidangan pajak pertama membuat klub tidak memiliki pilihan selain secara resmi merestrukturisasi masalah keuangan."

"Pada tahap ini tidak ada solusi yang telah didapat, di mana masalah pribadiku diletakkan setelah klub. Klub dan para pendukung kami merupakan yang utama."

"Sebagai ketua dan penggemar Rangers, sangat menyakitkan melihat klub mendapat pengurangan sepuluh poin liga, namun saya meminta kepada semua pendukung Rangers untuk bersatu dengan (manajer) Ally McCoist dan tim pada masa-masa sulit ini."

Pertandingan Liga Skotlandia Rangers selanjutnya, partai kandang menjamu Kilmarnock, belum tentu dapat dimainkan, karena Polisi Strathclyde meminta mereka membayar jaminan kepada pihak kepolisian untuk ajang di Ibrox pada Sabtu.

"Sampai kami mendapat jaminan itu kami tidak akan berada di posisi untuk mengerahkan polisi di ajang itu, kecuali kami mendapat jaminan bahwa biaya kami akan dibayar." Kasus HMRC melawan Rangers terpusat di keputusan pengurus klub sebelumnya, yang membayar gaji para pegawai - termasuk para pemain - dengan menggunakan dana imbalan kerja/employee benefit trusts (EBT).

Meski EBT bukan sesuatu yang ilegal, HMRC menegaskan kontribusi pajak jatuh tempo dari pendapatan yang diterima para pemain. Pendapatan rata-rata Rangers dari pertandingan kandang, yakni 46.000 penonton - lebih besar dari pada klub -klub besar Inggris seperti Liverpool dan Chelsea - tidak membuat klub tersebut berlimpah uang.

Whyte mencoba menjelaskan kesulitannya pada Senin dengan berkata, "Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, biaya operasional Rangers mencapai 45 juta pounds per tahun, dengan pemasukan sekitar 35 juta pounds."

Rangers dan Celtics adalah dua klub Skotlandia tersukses dan rivalitas mereka, yang berakar dari kebencian di mana Rangers dianggap sebagai klub Kristen dan Celtic sebagai klub Katolik, merupakan salah satu persaingan terpanas di sepak bola Inggris.

Dominasi kedua klub di liga sungguh terasa, bahkan meski Rangers mendapat pengurangan sepuluh poin, mereka masih unggul sembilan poin dari Motherwell yang menghuni peringkat ketiga. Tetapi kedua klub Glasgow ini kesulitan menorehkan prestasi di Liga Champions. (ant/lex)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.



Lihat Berita Liga Eropa Lain

- - -