25 Cabang Olahraga Sea Games di Sumsel

13-08-2010 12:20

Bola.net - Provinsi Sumatera Selatan ditetapkan menggelar 25 cabang olahraga pada SEA Games XXVI tahun 2011 dalam rapat panitia besar di Jakarta, Kamis (12/8).

Wakil Ketua Umum II Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dhenie Zaenal yang dihubungi dari Palembang, seusai rapat itu mengatakan, pembagian itu menjadi keputusan bersama para Pengurus Besar cabang olahraga peserta SEA Games (SEAG).

"Terdapat 42 Pengurus Besar cabang olahraga yang mengikuti rapat di Jakarta itu, dan menetapkan Sumsel menyelenggarakan 25 cabang olahraga," ujar dia.

Dia mengatakan, jumlah 25 cabang olahraga itu lebih banyak dari DKI Jakarta sebagai provinsi kedua yang dipercaya menjadi tuan rumah SEA Games.

"Sebelumnya Sumsel hanya dipercaya menggelar sebelas cabang olahraga saat wacana SEA Games digelar di empat provinsi. Namun, seiring dengan perubahan wacana menjadi dua provinsi maka terjadi penambahan," kata dia.

Dia menerangkan, perubahan itu yakni mendapat tambahan tujuh cabang olahraga dari Jateng, dan dua cabang dari Jabar.

Kemudian, ditambah lagi tujuh cabang olahraga berdasarkan hasil rapat panitia besar dengan seluruh Pengurus Besar, hari ini, katanya lagi.

"Hanya saja kita kehilangan satu cabang olahraga yakni wushu yang pada tahap awal masuk dalam sebelas cabang dipercayakan di Sumsel. Wushu dialihkan ke DKI Jakarta atas permintaan Pengurus Besar Wushu Indonesia," ucap dia.

Sehingga, dia menegaskan, total cabang olahraga SEAG yang digelar di Sumsel adalah 25 cabang, atletik, menembak, gulat, sepak bola, panjat dinding, polo air, loncat indah, angkat berat, binaraga, senam.

Kemudian, panahan, sepak takraw, sepatu roda, biliar, soft tennis, tinju, bridge, renang, softball/baseball, catur, voli indoor, voli pantai, fin swimming, tenis lapangan, dan pentaque.

"Tadi telah dilakukan penandatanganan kesepakatan oleh masing-masing Pengurus Besar cabang olahraga mengenai keputusan pembagian cabang olahraga SEA Games," ucap dia. (ant/cax)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Olahraga Lain-Lain

- - -