KOI Belum Tentukan Pembawa Bendera Olimpiade

18-07-2012 21:30


KOI Belum Tentukan Pembawa Bendera Olimpiade
KOI belum tentukan pembawa bendera Indonesia di Olimpiade.

Bola.net - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) belum memberikan kepastian terkait atlet yang akan membawa bendera pada pembukaan Olimpiade 2012 di Olympic Stadium, London 27 Juli mendatang.

Humas Kontingen Indonesia, Raja Pane mengatakan pihaknya baru memutuskan pembawa bendera pada Kamis (19/7). Sejauh ini, terdapat dua nama yang menjadi nominator, masing-masing atlet renang I Gede Siman Sudartawa yang turun di nomor punggung 100 meter dan Fernando Lumain dari cabang atletik.

"Siman sangat layak membawa bendera. Dia masih muda dan memiliki banyak prestasi. Saat SEA Games 2011, dia mempersembahkan empat medali emas. Fernando juga sama, punya prestasi di bidangnya," kata Raja Pane kepada Bola.net.

Ia menambahkan, pihaknya tidak berani menyertakan atlet dari cabang angkat besi dan bulu tangkis, lantaran sudah harus mempersiapkan diri tampil di pertandingan. Sehingga, sangat mustahil jika dijadikan nominator karena bisa menganggu persiapan.

"Pembawa bendera harus berjalan sekitar dua kilometer. Kalau atlet yang sedang ada pertandingan, jelas fisik dan staminanya akan terganggu karena kurang istirahat. Pertimbangan utamanya seperti itu," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, Siman baru akan bertanding pada 29 Juli dan Fernando pada 3 Agustus mendatang.

Pada Olimpiade sebelumnya, Indonesia memilih peselancar Oka Sulaksana sebagai pembawa bendera. Dia terpilih karena menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang telah mengikuti Olimpiade terbanyak, yakni selama empat kali.

Raja Pane kembali mengungkapkan, pihaknya segera memberi kabar kepada atlet yang terpilih membawa bendera. Sebab, atlet bersangkutan harus mempersiapkan mental sejak sekarang, mengingat pembawa bendera menjadi sorotan banyak kalangan.

"Bagi yang terpilih harus siap mental. Apalagi upacara pembukaan akan berlangsung agak lama, sekitar enam jam, mulai pukul 19.00-01.00 dini hari waktu setempat," tutupnya. (esa/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Olahraga Lain-Lain

- - -