KOI Terus Upayakan Pendanaan Kontingen Indonesia

19-06-2012 09:25


KOI Terus Upayakan Pendanaan Kontingen Indonesia

Bola.net - Jelang keberangkatan kontingen Indonesia menuju Olimpiade London 2012, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) masih belum menerima kucuran dana dari pemerintah.

Wakil Ketua KOI, Erick Tohir mengatakan, pihaknya terus menjalin kerja sama dengan pihak ketiga guna persiapan menuju Olimpiade. Ditambahkannya, kini sudah terdapat lima sponsor yang bersedia digandeng KOI, di antaranya perbankan, asuransi dan perusahaan penyedia peralatan olahraga.

"Sudah ada beberapa sponsor yang bersedia diajak kerja sama. Mereka juga bersedia memberikan uang," kata Erick Tohir kepada Bola.net usai peluncuran seragam Kontingen Indonesia di Kantor KOI, Jakarta.

Sejauh ini, pemerintah baru sebatas membelikan tiket penerbangan untuk keperluan pergi-pulang (PP) dan tiket penginapan untuk kontingen. Itupun, wujud tiket belum diserahkan kepada KOI.

Menurut Erick, secara resmi kontingen Merah Putih akan berangkat menuju London, Inggris seminggu sebelum Olimpiade digelar, tepatnya pada 22 Juli. Namun, beberapa di antaranya juga berangkat lebih awal, yakni pada 12 Juli.

Pada upacara pembukaan nanti, para wakil Indonesia akan memakai kebaya dan beskap yang didominasi warna merah. Sedangkan saat santai, para kontingen memakai pakaian batik motif Sekar Jagat. Busana tersebut, dirancang oleh desainer Yani N Soemali.

"Pemilihan kebaya dan beskap karena kedua pakaian tersebut merupakan salah satu khas tradisional kebanggaan Indonesia," kata Yani.

Khusus untuk kebaya berbentuk Kutubaru, yakni baju yang biasa dikenakan Raden Ajeng Kartini.

"Harapannya, para atlet wanita dapat berjuang dan menang di ajang Olimpiade dengan semangat juang Ibu Kartini," ungkapnya.

Adapun, batik Sekar Jagat memiliki makna tersendiri. Sekar yang diartikan bunga dan jagat adalah dunia, diharapkan supaya atlet Merah Putih menjadi bunga-bunga yang indah di pesta olahraga multi cabang terbesar di dunia tersebut. (esa/end)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Olahraga Lain-Lain

- - -