Menegpora Revitalisasi Gelanggang Olahraga

18-11-2009 20:22

Bola.net - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Mallarangeng akan melakukan revitalisasi peran dan fungsi gelanggang remaja di kota-kota besar guna menjadi sarana aktualisasi pemuda.

"Saat ini keberadaan lapangan dan fasilitas umum yang menjadi sarana aktualisasi diri pada pemuda terus berkurang karena dialihfungsikan menjadi gedung-gedung," kata Andi Mallarangeng pada rapat kerja dengan Komisi X DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/11).

Dikatakan Andi, dengan terus berkurangnya lapangan sepak bola dan fasilitas umum maka kesempatan pemuda di kota-kota besar untuk mengaktualisasikan diri menjadi semakin minim.

Andi menambahkan, dengan kondisi seperti ini sulit untuk mengharapkan potensi atlet maupun remaja berprestasi di bidangnya masing-masing.

Padahal, katanya, salah satu kontrak kerja dirinya sebagai Menegpora dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah mencapai prestasi tertinggi di bidang olahraga serta merevitalisasi gerakan pemuda.

Karena itu, Kantor Menegpora akan merevitalisasi keberadaan gelanggang remaja di kota-kota besar dengan mengaktifkan kembali kegiatannya.

"Kegiatan di gelanggang remaja, tidak hanya kegiatan olahraga seperti bola basket, bola voli, dan bulu tangkis tapi juga kesenian seperti teater, paduan suara, dan sebagainya," katanya.

Revitalisasi gelanggang remaja ini, kata dia, menjadi salah satu program 100 hari kantor Menegpora yang segera dilaksanakan.

Menurut dia, sasaran jangka pendek dari revitalisasi gelanggang remaja adalah menghidupkan kembali berbagai kegiatan olahraga dan kesenian bagi remaja di kota besar, sedangkan sasaran jangka panjangnya adalah menyediakan sarana aktualisasi yang sebesar-besarnya bagi pemuda.

"Hal ini bisa menjadi salah satu akses untuk mencari potensi bibit-bibit atlet yang bisa dibina lebih intensif sebagai atlet berprestasi," kata dia.

Berdasarkan data kantor Menegpora, gelanggang remaja ada di seluruh ibukota provinsi dan sebagian besar ibukota kabupaten/kota di Indonesia. (ant/zul)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Olahraga Lain-Lain

- - -