Olimpiade: Pejudo Putri Arab Saudi Diizinkan Tarung Berjilbab

01-08-2012 12:18


Olimpiade: Pejudo Putri Arab Saudi Diizinkan Tarung Berjilbab
Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani AFP

Bola.net - Salah satu atlet putri judo Arab Saudi akan mengenakan jilbab ketika tampil di Olimpiade London 2012. Desain jilbab tersebut akan dirancang secara khusus untuk sang atlet.

Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani adalah satu dari dua atlet putri Arab Saudi yang datang ke Olimpiade London setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) melobi kerajaan Islam itu untuk membatalkan penolakannya mengirim atlet putri ke Olimpiade.

Shaherkani mengatakan dia baru mau bertanding jika diizinkan mengenakan kain kerudung penutup rambut atau jilbab, dan para pejabat cabang olahraga judo menolak dengan menyatakan bahwa hal tersebut akan berbahaya.

Juru bicara Komite Olimpiade Nasional Arab Saudi mengatakan komite itu, IOC dan Federasi Judo Internasional (IJF) saat ini sudah menyetujui suatu bentuk kesepakatan yang dapat diterima bagi penggunaan jilbab.

"Mereka menyetujui suatu desain baju dan dia akan berlaga dengan menggunakan baju rancangan khusus ini," ujar Razan Baker, dengan menambahkan bahwa dia belum mengetahui seperti apa desain baju khusus itu, lapor Reuters seperti yang dilansir oleh Antara.

Jubir IJF Nicolas Messner mengkonfirmasi bahwa Shaherkani akan ikut bertanding, tetapi ia menolak memberi penjelasan lebih lanjut.

IOC tahun ini berhasil mendesak Arab Saudi dan negara Muslim lain seperti Qatar dan Brunei, tiga negara yang menolak mengirim atlet putri mereka ke ajang Olimpiade, untuk mengakhiri larangan mereka tersebut.

Keputusan Arab Saudi untuk mengirim Shaherkani dan juga pelari 800-meter Sarah Attar yang masih remaja, mendapat pujian dari Presiden IOC Jacques Rogge pada saat itu. Shaherkani akan berlaga di kategori kelas berat pada Jumat mendatang.

Peraturan IJF bagi pertadingan Olimpiade adalah tidak boleh mengenakan penutup kepala, dan federasi menyatakan kemungkinan akan berbahaya bagi para pejudo jika jilbab digunakan secara tak sengaja bisa mencekik dirinya atau lawannya (ant/opw)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Olahraga Lain-Lain

- - -