Perenang Belanda Keturunan Jawa Raih Emas di Olimpiade

03-08-2012 11:50
Perenang Belanda Keturunan Jawa Raih Emas di Olimpiade
Ranomi menjadi bintang muda baru © AFP

Bola.net - Atlet Belanda keturunan Jawa, Ranomi Kromowidjojo berjaya di Olimpiade London 2012. Ranomi tampil sebagai pemenang dan meraih medali emas di cabang renang nomor gaya bebas 100 meter putri.

Bintang baru Belanda itu maju ke babak final Olimpiade sebagai perenang tercepat di dunia tahun ini. Ranomi juga berhasil menang di London kendati mendapat tekanan keras dari lawan-lawannya.

Perenang berusia 21 tahun itu membuat catatan pada 50 meter pertama 27,24 detik sebelum menyentuh tembok kolam membuat rekor Olimpiade 53 detik dan membuahkan medali emas kedua negaranya dalam 12 tahun ini.

Aliaksandra Herasimenia dari Belarusia meraih medali perak dengan catatan 53,38 detik dan atlet China Tang Yi berhak atas medali perunggu dengan waktu 53,44.

Kromowidjojo, ayahnya berasal dari Suriname dengan buyut berasal dari Indonesia, adalah anggota tim Belanda yang meraih medali emas di nomor gaya bebas 4x100m di Beijing.

Kromowidjojo kini masuk dalam daftar panjang pada perenang bintang Belanda, temasuk Pieter van den Hoogenband dan Inge de Bruijn. De Bruijn adalah perenang puteri Belanda yang meraih medali emas di nomor gaya bebas 100m Olimpiade di Sydney pada 2000. (ant/end)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Olahraga Lain-Lain

- - -